Home / Entertainment / Music

Rabu, 11 Mei 2022 - 21:08 WIB

Vina Panduwinata, Trie Utami, Ita Purnamasari, Memes, & Yuni Shara, mempopulerkan kembali lagu “Sinaran”

Artwork Rumpies - Sinaran

Artwork Rumpies - Sinaran

“… teringat ku di masa lalu”

iBenews.id – Legendamusikindo kembali berkolaborasi dengan para biduanita tenar Indonesia yang tergabung dalam Rumpies. Kali ini, kuintet yang beranggotakan Vina Panduwinata, Trie Utami, Ita Purnamasari, Memes, dan Yuni Shara, mempopulerkan kembali “Sinaran”, lagu yang kali pertama dilantunkan oleh penyanyi pop Malaysia, Sheila Majid, pada tahun 1986.

Iie –sapaan karib Trie Utami– menuturkan, pilihan jatuh pada lagu “Sinaran” berdasarkan rundingan para personil Rumpies. Kelimanya sepikiran untuk langsung memboyong ciptaan Azlan Abu Hassan dan Johan Nawawi ini ke dapur rekaman. Vina atau Mama Ina, kata Iie, juga menngabarkan berita gembira ini ke Sheila di negeri seberang.

“Itu rembukan ibu-ibu. Ya, namanya juga Rumpies jadi ini hasil rumpiannya, ‘Sinaran’ lucu juga ya. Ini lagu kita jaman dulu,” ujar Iie, mengenai ihwal rencana lagu teranyar Rumpies.

Gayung bersambut, @legendamusikindo, label yang menangani sejumlah proyek single Rumpies, langsung menghubungi Laleilmanino, trio produser musik dengan personil Anindyo Baskoro (RAN) serta Arya Aditya Ramadhya dan Ilman Ibrahim (Maliq & D’Essentials).

Ajakan Presiden Direktur @legendamusikindo Faisal Nurdin dan produser @legendamusikindo Glenn Rotty diiyakan Laleilmanino. Namun, Ilman merasa “terbebani” sekaligus tertantang dengan proyek baru yang disodorkan. “Sudah banyak orang mengenal lagu ini. Mulai dari awal lini bas sampai ketukan drumnya itu semua sudah seperti tertanam bahwa lagu tersebut adalah Sinaran. Jadi buat kami, lagu ini lumayan ‘beban’,” tuturnya.

Salah satu hal yang bakal muncul ketika lagu ini dirilis nanti adalah banyak orang yang akan membandingkan dengan versi aslinya. Tapi, kami yakin bisa mengaransemen Sinaran untuk Rumpies dengan hasil yang baik,” Ilman, menambahkan.

Di lain sisi, Laleilmanino punya “pekerjaan rumah” cukup berat lantaran lagu ini bakal direkan dengan suara-suara milik biduanita yang sudah tidak asing lagi di telingan masyarakat Indonesia. Salah satu siasat Laleilmanino, kata Ilham, adalah dengan menyodorkan dua versi hasil aransemen mereka.

Alhasil, Rumpies memilih aransemen “Sinaran” dengan tempo cepat, yang diyakni dapat mengajak pendengar untuk berdansa bersama tembang ini. “Kita bikin aransemen yang lebih modern, tapi tidak meninggalkan sisi vintage-nya. Kita ingin penikmat aransemen baru ini untuk berjoget dengan iringan ala disko klasik,” jelas Ilman.

Sebagai penanda aransemen anyar milik Laleilmanino, notasi baru ditambahkan pada jelang pengujung lagu. “Ini adalah new part karena kita butuh sesuatu yang fresh dan kemudian ditambahkan pada akhir lagu,” tambahnya.

Iie pun mengacungi jempol dengan kerja keras Laleilmanino, yang tetap taat pada melodi asli Sinaran. “Aransemen terasa lebih baru. Karena yang mengerjakan adalah anak-anak jaman sekarang, jadi mereka merepresentasikan ‘diskonya’ mereka. Saya percaya bahwa musik itu lintas generasi,” Iie, memamparkan.

“Sinaran” versi Rumpies, lanjut Iie, merupakan sebuah karya musik yang komplit. Meski telah 36 tahun berlalu sejak kali pertama lagu ini mengudara di berbagai radio maupun toko-toko kaset di Nusantara, “Sinaran” adalah contoh nyata bahwa sebuah karya mampu menembus batas usia. “Karya tidak dibatasi usia. Dunia tidak pernah mengatakan itu,” tegasnya. (iB-2)

Sinaran

Vina Panduwinata, Trie Utami, Yuni Shara, Ita Purnamasari, Memes
(RUMPIES) Feat Laleilmanino
– Performed by Rumpies & Laleilmanino
– Composed by Azlan Abu Hassan & Johan Mohamed Nawawi
– Executive Producer and Producer Glenn Rotty (PT. Legenda Musik Indonesia)
– Music Produced by laleilmanino at Organicrecords
– Strings composed by Alvin Witarsa
– Strings recorded at studio 168
– Vocals directed by Gamaliel Tapiheru
– Vocals recorded at Bro’s studio
– Mixed by Ivan Iponk at Roemahiponk
– Mastered by Dimas Pradipta at sum it studio
– Video Director : Eko Kristianto

Share :

Baca Juga

Entertainment

Coldplay Guncang Jakarta, Ribuan Anak Muda Tersihir Aksi Panggung Chris Martin
ARTWORK: Happy Asmara - Ninggal Loro

Entertainment

Lirik Lagu Terbaru Happy Asmara – Ninggal Loro
Foto: Agatha Pricilla

Entertainment

Repertoar Indah Berisi Rasa Cinta dan Berbagai Nasihat Ibunda Agatha Pricilla
Foto: BAND AJOJING

Entertainment

Lagu Kopi Dangdut Ciptaan Fahmi Shahab Yang Dirilis 1991 Diaransemen Ulang AJOJING Band
Foto: Prinsa Mandagie

Entertainment

Prinsa Mandagie Mengajak Kaum Patah Hati Untuk Bangkit Kembali Melalui EP Percaya

Entertainment

Lagu Baru Sabrina Soetomo Berjudul “404 Love Not Found”
Artwork Japs Shadiq - Bagaikan Angin Lalu

Lifestyle

Solois Baru Bernama Japs Shadiq Kenalkan Lagu Berjudul Bagaikan Angin Lalu
Artwork - Goodbye Temujin - Silly Little Girl

Entertainment

Goodbye Temujin Mengumumkan Rilis Single Debut “Silly Little Girl”