Home / Berita / News

Senin, 17 Oktober 2022 - 14:27 WIB

Tingkatkan Daya Saing, Pemprov Jatim Gelar Pelatihan TIK untuk UMKM Dekranasda

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak saat membuka Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi UMKM binaan Dekranasda Provinsi Jawa Timur, di kantor Diskominfo Jatim, Senin (17/10/2022). (Foto: Diskominfo Surabaya)

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak saat membuka Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi UMKM binaan Dekranasda Provinsi Jawa Timur, di kantor Diskominfo Jatim, Senin (17/10/2022). (Foto: Diskominfo Surabaya)

iBenews.id – Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya meningkatkan keterampilan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar semakin berdaya saing.

Salah satunya dengan mengadakan workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Senin (17/10/2022).

Mengawali sambutannya, Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan bahwa kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) harus bisa mengimbangi kemajuan teknologi.

Apalagi, berdasarkan data survei oleh We are Social Hootsuite, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia per Februari 2022. Angka tersebut setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia.

“Teknologi itu membuka peluang yang luar biasa untuk segala sektor, termasuk sektor bisnis dan usaha. Jadi workshop TIK ini semoga bisa dimanfaatkan dalam pelaksanaan bisnis Bapak/Ibu sekalian. Dengan pengguna internet sebanyak itu di Indonesia, UMKM kita harus bisa memanfaatkan daya beli di negara kita sendiri,” kata Arumi.

Melalui teknologi pula, lanjut Arumi, pelaku UMKM memiliki kesempatan tanpa batas ruang dan waktu. “Meski juga banyak tantangan dan terlihat sulit, tapi ketika sudah tahu celahnya, pasti bisa, pasti jadi penyelamat bagi usaha yang dilakukan. Bapak/Ibu punya kesempatan yang sama dengan pebisnis-pebisnis besar,” sambungnya.

Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono, mengapresiasi peranan pelaku UMKM bagi perekonomian Jawa Timur. “Melalui tangan dingin, aktivitas, dan kreativitas pelaku UMKM, mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Hal ini juga sejalan dengan IKI, yaitu Inisiatif, Kolaboratif, dan Inovatif,” terangnya.

Hudiyono pun berharap pelaku UMKM Jawa Timur mampu mengoptimalkan publikasi produk melalui beberapa teknologi yang disediakan Diskominfo.

“Ada command center, etalase di 700 titik di seluruh Indonesia, videotron di 11 Bakorwil, dan publikasi digital di Taman Mini untuk menyambut kedatangan tamu G20. Nah ini semua bisa dimanfaatkan untuk menampilkan produk-produk Dekranasda Jatim, seperti batik, kerajinan, dan lain-lain,” ungkapnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber yaitu Founder Yayasan Komunitas Open Source, Arief Rama Syarif. Materi yang disampaikan adalah mengenai data analytics, marketing, dan branding. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi

HEADLINE

Wujudkan Perjanjian Kerja Sama Kementerian ATR/BPN-Polri, Menteri AHY & Kapolri Sepakat Cegah Masyarakat Jadi Korban Konflik Pertanahan

HEADLINE

Pemerintah Rencana Bentuk Satgas Tangani Kasus Kecelakaan Kapal di Labuan Bajo