Home / Entertainment / Music

Selasa, 8 November 2022 - 09:31 WIB

Produser & DJ bernama Eil siap menggebrak dan menghangatkan lantai dansa

iBenews.id – Kota Bandung tak pernah berhenti melahirkan musisi baru di setiap zamannya. Termasuk regenerasi baru di bidang musik elektronik. Salah satu yang terkini yaitu seorang Produser/DJ bernama Eil yang siap menggebrak dan menghangatkan lantai dansa di berbagai kancah klub di sudut kota lewat debut single “You & Me.” Pada debut singlenya ini, Produser/DJ yang terinspirasi musik R’n’B dan soul ini mengungkapkan jika pada debut singlenya ini, dia berkolaborasi bersama model/aktor/musisi Jeremie Juanito, putra bungsu dari aktris senior Christine Panjaitan.

“Saya menyukai karakter suara Jeremie. Kemampuannya dalam mencari nada, menulis lirik yang spontan, dan suaranya yang lembut, cocok untuk karakteristik musik saya,” ujar Eil menuturkan alasannya berkolaborasi bersama Jeremie. Pada lagu “You & Me” terdengar jelas karakter elektronik musik pop yang renyah dipadukan dengan karakter suara Jeremie yang nge-pop membuat single “You & Me” ini bisa dinikmati siapapun. Eil sendiri mulai belajar bermain musik elektronik sejak tahun 2012. Dia mengaku tertarik mendengarkan beragam genre musik elektronik hingga menelaah proses pembuatannya secara otodidak. Minatnya terhadap musik elektronik tak hanya berhenti dengan belajar mandiri, karena dia juga pernah tergabung dalam suatu komunitas/kolektif bernama Moko Discover yang membantunya berkembang dalam berkarir di dunia musik.

Debut single “You & Me” merupakan penanda karir Eil di industri musik Indonesia. Pada debut lagunya ini, Eil bercerita tentang obsesi seorang pria untuk mendapatkan sang perempuan idaman yang seolah-olah seperti merebutkan trofi untuk memuaskan ego si pria. Namun nyatanya, rasa cinta sang pria justru jauh lebih dalam dibandingkan memuaskan egonya. Karakteristik musik pada lagu “You & Me” memang terdengar sangat catchy, bahkan juga musik pop yang easy-listening yang akan membuat semua orang terbawa hanyut ke dalam renyahnya lantunan lagu ini. Eil selalu membayangkan jika musiknya ini seperti “membayangkan indahnya mood saat musim panas.” Musikpop elektronik dengan sentuhan R’n’B house yang hangat dan manis! Seperti itu pula lirik lagu yang berusaha Eil sampaikan pada lagunya ini.

“Proses penentuan topik tema lagu mengalir begitu saja, dari ide nada yang selalu terngiang di kepala, dibuat lah musik yang seperti ini dengan mood chill vibes musim panas,” ujar DJ/Produser yang terinspirasi Daft Punk, Kaytranada, Toro Y Moi, dan Disclosure saat menuturkan proses kreatif pada lagu “You & Me” ini. Karakter musik Eil memang sangat kuat dengan warna musik elektronik pop dan R’n’B yang kuat dengan sentuhan pada suara-suara beat 1980an sehingga vibes ala musik era 80an cukup kuat. Hal itu terdengar intens, misalnya, pada beberapa komposisi suara vintage dari sentuhan synthesizer, suara bassline, dan ketukan drum.

“Saya banyak terinspirasi dari musik 80an seperti suara synth, bassline, dan drum vintage yang saya suka. Saya menyukai sentuhan synth yang dinamis dan intens, dengan format simple, beat yang groove, dan nada yang dreamy,” ujar Eil. Pada saat proses pembuatan lagu, tantangan bagi Eil adalah proses menemukan sound yang tepat, terutama untuk karakter sound musik elektronik pop yang cenderung datar dalam flow lagunya. Pada single “You & Me” ini memang tidak terlalu banyak kejutan dalam komposisinya, namun semua justru terasa harmonis dan mengalir yang nuansanya cenderung chill. “Saya termasuk orang yang perfeksionis dalam bermusik. Proses pencarian sound-nya lumayan lama.Tantangan untuk merilis lagu ini, mungkin dari segi pasarnya, karena pendengar di Indonesia belum terbiasa dengan musik elektronik yang cenderung flat dalam flow lagunya,” lanjut Eil menceritakan tantangan dalam proses bermusiknya ini.

Melalui debut single “You & Me” ini Eil hanya mencoba berekspresi dengan musik yang ia cintai, tanpa ekspekstasi berlebih. Hal ini lah yang membuat Eil bisa bebas dalam membuat berbagai karyanya dengan musik-musik yang ia cintai. “Sebagai musisi saya merasa punya tanggung jawab untuk membuat karya, ini adalah langkah awal untuk melepas tanggung jawab saya satu per satu, untuk bisa terus bebas berkarya,” ujar Eil tentang visi bermusiknya. Debut single “You & Me” telah dirilis di berbagai kanal digital. (iB-2)

EIL – YOU & ME (FEAT. JEREMIE)

I’ve been thinking bout you
Girl you got me feeling up my knees
And i know you want to come through
Come slide in with me

I’m putting all my counter moves
Girl you got me in the mood
And now i’m feeling kinda blue
I’m building the moment
And now i got you in the booth
Girl just tell me if it’s true
Been dreaming just being with you
Take my hand

See u walking by my side
All eyes on us
You know it’s alright now baby
Staring at each other knowing
Its our time
Just you and me now baby(x2)
Just you and me

I can feel you want to
I dont wanna start beggin on my knees
I’m feeling stupid, i can’t connect
I wanna come through, come slide in with me

I’m putting all my counter moves
Girl you got me in the mood
And now i’m feeling kinda blue
Im building the moment
And now i got you in the booth
Girl just tell me if it’s true
Been dreamin just being with you

Take my hand
See you walking by my side
All eyes on us
You know it’s alright now baby
Staring at each other knowing
Its our time
Just you and me now baby(x2)
Just you and me

——–

Performed by EIL
Produced by Ilham Adi Putra
Composed by Ilham Adi Putra
Written by Jeremie Juanito
Recorded at Escape Studio
Mixed by R Bagus Ananto, Ilham Adi Putra
Mastered by R Bagus Ananto
Artwork by Ferry Andean Pasaribu

Share :

Baca Juga

Entertainment

Coldplay Guncang Jakarta, Ribuan Anak Muda Tersihir Aksi Panggung Chris Martin
ARTWORK: Happy Asmara - Ninggal Loro

Entertainment

Lirik Lagu Terbaru Happy Asmara – Ninggal Loro
Foto: Agatha Pricilla

Entertainment

Repertoar Indah Berisi Rasa Cinta dan Berbagai Nasihat Ibunda Agatha Pricilla
Foto: BAND AJOJING

Entertainment

Lagu Kopi Dangdut Ciptaan Fahmi Shahab Yang Dirilis 1991 Diaransemen Ulang AJOJING Band
Foto: Prinsa Mandagie

Entertainment

Prinsa Mandagie Mengajak Kaum Patah Hati Untuk Bangkit Kembali Melalui EP Percaya

Entertainment

Lagu Baru Sabrina Soetomo Berjudul “404 Love Not Found”
Artwork Japs Shadiq - Bagaikan Angin Lalu

Lifestyle

Solois Baru Bernama Japs Shadiq Kenalkan Lagu Berjudul Bagaikan Angin Lalu
Artwork - Goodbye Temujin - Silly Little Girl

Entertainment

Goodbye Temujin Mengumumkan Rilis Single Debut “Silly Little Girl”