Home / Entertainment / Music

Senin, 8 Mei 2023 - 12:31 WIB

Lepas Single Kelima Berjudul “Semestinya” Membuktikan Konsistensi Mandoors Band

COVER ARTWORK SEMESTINYA - MANDOORS

COVER ARTWORK SEMESTINYA - MANDOORS

iBenews.id – Masih belum kelar menikmati sajian empat single dari Mandoors, grup neo-psychedelia asal kota Semarang ini kembali meluncurkan amunisi terbaru. Ya, sebelumnya “Tata Kala Siapa’, “Mau Jadi Apa”, “Memaksa” dan “Terendus” telah dimuntahkan oleh quartet Kurniawan Nugroho (Vokal/Gitar), Ichsan Chamami (Synth), M Zuma Mahardhika (Bass), dan Dewa Herlambang (Drum) secara berturut mulai November tahun lalu.

Keempat pemuda dari kota lunpia ini secara konsisten merilis single demi single menuju album baru yang sampai saat ini masih dirahasiakan judulnya. Hasilnya tentu saja terasa signifikan mengingat gempuran keempat single sebelumnya mendapatkan feedback hangat dari beberapa media.

Single kelima yang diberi judul “Semestinya” ini merupakan focus track alias lagu yang menjadi favorite di album terbaru-nya nanti. Menariknya, lagu ini sebenarnya adalah komposisi pertama di album baru yang digarap sebelum track yang lain dikerjakan. Dimana “Semestinya” kemudian menjadi semacam blueprint penulisan keseluruhan track yang ada di album baru nanti.

Hal tersebut yang membuat album baru tersebut terasa berbeda dari EP terdahulu, Scepticism. Dimana lagu – lagu yang terbaru lebih mengedepankan eksplorasi synthesizer analog dan sound digital dengan komposisi yang lebih dinamis.

Keberanian Mandoors bereksplorasi jauh mematahkan batasan yang sering dipasang oleh musisi lain dalam menciptakan karya baru. “Semestinya” merangkul kemungkinan luas dari musik elektronika 70’an yang mengendarai kebangkitan funk dengan bassline 80an dari M Zuma Mahardhika. Tanpa sungkan Mandoors juga merangkul atmosfer soul, prog sampai ke acid house di single ini.

Dibuka dengan dentuman bass drum Dewa Herlambang yang mengalun layaknya suara yang dibuat telinga saat berulang kali menutupi dan membukanya dengan jari. Berlanjut dengan vokal falsetto sarat delay dari Kurniawan Nugroho yang bernyanyi diatas tekstur chord synth analog yang stabil dari Ichsan Chamami. Pengulangan frasa berpasangan dengan baik bersama aspek musik yang cenderung trance layaknya psikedelia.

Dari segi lirik, “Semestinya” bercerita tentang seseorang yang telah kehilangan kepercayaan diri dalam menjalani hidup seperti tergambar dalam lirik “bersarang tapi tak bertuah, bersajak namun tak terbantah”. Dimana orang ini telah kehilangan sosok untuk menjadi panutan dalam hidupnya seperti “rumus yang menikam segala, panutan tlah hilang kemana”. Akibatnya ia mencoba menerobos pantangan dan larangan dalam norma kehidupan yang telah berlaku selama ini.

Single Mandoors – Semestinya akan dirilis di kanal digital mulai 12 Mei 2023 via label asal Semarang, HILLS. Sementara itu full album-nya akan dirilis dalam format digital dan rilisan fisik bulan Juni nanti disusul dengan serangkaian music video dan promo tour. (iB-2)

Share :

Baca Juga

Entertainment

Coldplay Guncang Jakarta, Ribuan Anak Muda Tersihir Aksi Panggung Chris Martin
ARTWORK: Happy Asmara - Ninggal Loro

Entertainment

Lirik Lagu Terbaru Happy Asmara – Ninggal Loro
Foto: Agatha Pricilla

Entertainment

Repertoar Indah Berisi Rasa Cinta dan Berbagai Nasihat Ibunda Agatha Pricilla
Foto: BAND AJOJING

Entertainment

Lagu Kopi Dangdut Ciptaan Fahmi Shahab Yang Dirilis 1991 Diaransemen Ulang AJOJING Band
Foto: Prinsa Mandagie

Entertainment

Prinsa Mandagie Mengajak Kaum Patah Hati Untuk Bangkit Kembali Melalui EP Percaya

Entertainment

Lagu Baru Sabrina Soetomo Berjudul “404 Love Not Found”
Artwork Japs Shadiq - Bagaikan Angin Lalu

Lifestyle

Solois Baru Bernama Japs Shadiq Kenalkan Lagu Berjudul Bagaikan Angin Lalu
Artwork - Goodbye Temujin - Silly Little Girl

Entertainment

Goodbye Temujin Mengumumkan Rilis Single Debut “Silly Little Girl”