Home / Berita / News

Rabu, 3 Mei 2023 - 11:35 WIB

Kirab Pemilu Tahun 2024 Tiba di Jatim Seminggu Lagi, KPU Jatim Pastikan Kesiapan 30 KPU Kabupaten/Kota di Wilayahnya

Rakor Persiapan Pelaksanaan Kirab Pemilu Tahun 2024 (Foto: KPU Jatim)

Rakor Persiapan Pelaksanaan Kirab Pemilu Tahun 2024 (Foto: KPU Jatim)

iBenews.id – Perjalanan kirab Pemilu Tahun 2024 akan tiba di Jawa Timur seminggu lagi. Dijadwalkan digelar mulai tanggal 9 Mei 2023. Dalam rangka menyukseskan program tersebut, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) memastikan seluruh jajarannya di tingkat kabupaten/Kota siap baik dari segi teknis maupun anggaran.

Kesiapan tersebut dipastikan oleh KPU Jatim melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Kirab Pemilu Tahun 2024 pada Senin, 1 Mei 2023. Bertempat di Kantor KPU Jombang, Jl. Romly Tamim Jogoroto Jombang. Rakor dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari ke depan, mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh jajaran wajib untuk menyukseskan Kirab Pemilu Tahun 2024 di Jawa Timur.

“Sebab pelaksanaan kirab ini menyangkut partisipasi masyarakat dan hubungan lembaga KPU dengan beberapa pihak,” kata Anam.

Sehingga ia berharap akan ada sinergi antara divisi dan sekretariat.

“Kami harap program ini menjadi prioritas kawan-kawan untuk menyukseskan, dengan adanya dukungan administratif dari sekretariat,” harap mantan Anggota KPU Kota Surabaya tersebut.

Menanggapi apa yang disampaikan Ketua, Sekretaris KPU Jatim Nanik Karsini memastikan seluruh Sekretaris di Kabupaten/Kota siap melaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Jajaran sekretariat siap untuk fasilitasi setiap kebijakan dari divisi, terlebih program ini dilombakan,” tegas Nanik.

Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya koordinasi antar kabupaten/kota di masing-masing jalur. “Agar tidak ada selisih waktu serah terima karena kirab dilakukan secara estafet dari kabupaten/kota menuju kabupaten/kota lain,” pungkas perempuan asal Magetan tersebut.

Untuk diketahui, Perjalanan Kirab di Jawa Timur akan melewati sebanyak empat jalur. Yang terdekat jalur IV dijadwalkan mulai tanggal 9 di Kota Surabaya, secara berurutan menuju Kota Probolinggo, Pasuruan, Malang, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Kota Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, dan Pacitan.

Sedangkan Jalur V mulai tanggal 27 Agustus 2023 di Kabupaten Sidoarjo. Jalur VI mulai tanggal 7 September 2023 di Kabupaten Banyuwangi. Dan jalur VII mulai tanggal 12 September 2023 di Kabupaten Lamongan. (iB-3)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi

HEADLINE

Wujudkan Perjanjian Kerja Sama Kementerian ATR/BPN-Polri, Menteri AHY & Kapolri Sepakat Cegah Masyarakat Jadi Korban Konflik Pertanahan

HEADLINE

Pemerintah Rencana Bentuk Satgas Tangani Kasus Kecelakaan Kapal di Labuan Bajo