Home / Berita / News

Kamis, 23 Maret 2023 - 13:38 WIB

John Thamrun: Penyelesaian Masalah ILP Kunci Revitalisasi Pasar Tunjungan

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, John Thamrun (Foto: Christiana Beatrix)

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, John Thamrun (Foto: Christiana Beatrix)

iBenews.id – Legislator PDI Perjuangan Kota Surabaya, John Thamrun menilai kunci revitalisasi Pasar Tunjungan Surabaya adalah menyelesaikan persoalan Iuran Layanan Pasar (ILP).

Seperti diketahui, sempat terjadi adu argumentasi terkait ILP ketika Komisi B DPRD Kota Surabaya melakukan pertemuan dengan perwakilan Perkumpulan Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) yang keberatan soal ILP, di Pasar Tunjungan beberapa waktu lalu.

“Pemkot Surabaya seharusnya memberikan keringanan membayar terhadap besarannya ILP, jelasnya.

Begitu problem ILP selesai, kata John Thamrun, maka Pemkot Surabaya memerintahkan PD Pasar Surya berkewajiban melakukan revitalisasi Pasar Tunjungan, hal ini juga berdasarkan keputusan ombudsman.

“ Ini solusi terbaik sebelum Pemkot Surabaya melakukan revitalisasi Pasar Tunjungan,” ujar John Thamrun di Surabaya, Senin (20/03/2023).

Ia menerangkan, problem Pasar Tunjungan harus dipetakan dengan cara yang benar, bahwa persoalan ini terjadi karena Pemkot Surabaya merasa punyak hak, lalu pedagang juga merasa punya hak.

Namun, jelas anggota Komisi B ini, kedua belah pihak yang merasa memiliki hak tersebut harus mengikuti peraturan didalam Perda maupun Perwali.

Salah satunya, tambah John Thamrun, soal ILP dimana problem ILP ini harus diselesaikan dahulu oleh pedagang dengan difasilitasi oleh kebijakan Pemkot Surabaya.

“ Kita tahu Pemkot Surabaya sedang membangkitkan ekonomi di kawasan segitiga emas Tunjungan, termasuk revitalisasi Pasar Tunjungan. Tapi problem ILP harus di selesaikan dahulu,” ungkap anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya ini.

John Thamrun kembali mengatakan, beban pedagang soal iuran layanan pasar harus diringankan, sehingga pemilik stand di Pasar Tunjungan bisa menyewakan kepada siapapun yang ingin berdagang di Pasar Tunjungan, dalam rangka kebangkitan ekonomi.

John Thamrun juga menambahkan, ada tiga hal dalam kebangkitan ekonomi di kawasan segi tiga emas yaitu, revitalisasi Pasar Tunjungan, meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Surabaya, serta mendukung usaha UMKM.

“ Tiga hal tersebut jika dijalankan, kawasan segitiga emas Surabaya kembali hidup dan menjadi sentra ekonomi di Kota Pahlawan ini,” pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi

HEADLINE

Wujudkan Perjanjian Kerja Sama Kementerian ATR/BPN-Polri, Menteri AHY & Kapolri Sepakat Cegah Masyarakat Jadi Korban Konflik Pertanahan

HEADLINE

Pemerintah Rencana Bentuk Satgas Tangani Kasus Kecelakaan Kapal di Labuan Bajo