Home / Berita / News

Selasa, 28 Juni 2022 - 22:18 WIB

Dua Hari di Surabaya, Ini Agenda Wakil Dubes Inggris Rob Fenn

Wakil Dubes Inggris Rob Fenn bersama Wali Kota Eri Cahyadi saat pertemuan di lobby Lt 2 Balai Kota Surabaya

Wakil Dubes Inggris Rob Fenn bersama Wali Kota Eri Cahyadi saat pertemuan di lobby Lt 2 Balai Kota Surabaya

iBenews.id – Wakil Duta Besar Inggris bertemu Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Bersama Wakil Gubernur Emil Dardak, Wakil Duta Besar Inggris akan meluncurkan proyek bersama solusi tenaga surya Inggris pertama di Jawa Timur. Bersama Walikota Eri Cahyadi, ia membuka webinar tentang dampak yang mendukung inklusi disabilitas, berfokus pada pendidikan khusus yang disampaikan oleh St. Vincent School dari Liverpool.

Kunjungan akan meningkatkan hubungan bilateral yang sudah erat dengan pemerintah provinsi Jawa Timur di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, transisi energi, kemitraan sosial dan budaya, serta menunjukkan komitmen kuat Inggris untuk mendukung Surabaya – melalui persahabatan yang berkelanjutan dengan dengan kota Liverpool.

Untuk memenuhi tantangan abad ke-21, kerja sama diplomatik harus bisa menjangkau daerah-daerah diluar ibukota untuk membangun pemahaman dan koneksi, dan berbagi solusi. Sistem pemerintahan demokratis yang dilimpahkan di Indonesia dan Inggris berarti ada peluang besar untuk kerja sama, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi di tingkat regional dan kota.

Sebagai bagian dari strategi Kedutaan Besar Inggris untuk memperdalam kemitraan di luar Jakarta, Wakil Duta Besar Inggris Rob Fenn melakukan kunjungan ketiganya ke Jawa Timur pada 27-28 Juni 2022. Jawa Timur memainkan peran besar dalam banyak sektor strategis ekonomi Indonesia, termasuk pendidikan, ekonomi kreatif, dan industri hijau. Kunjungan ini akan berfokus pada hal ini, tetapi mengacu pada beberapa usaha memperkuat hubungan antara Inggris, Kota Surabaya dan Provinsi secara keseluruhan.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Dubes Fenn melakukan pembicaraan bilateral dengan Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur dan Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya.

Wakil Duta Besar Fenn akan mengunjungi UNESA (Universitas Negeri Surabaya) untuk mendorong lebih banyak kemitraan dan kolaborasi dengan universitas kelas dunia Inggris di Liverpool, yang terinspirasi oleh kemitraan sister city Surabaya – Liverpool. Kemudian bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa, ia meluncurkan proyek solusi tenaga surya pertama antara perusahaan regional Jawa Timur, Jatim Graha Utama dengan perusahaan Inggris bernama Shire Oak Plc. Surabaya dan Liverpool telah berkomitmen untuk mendukung inklusi disabilitas melalui berbagi ide-ide kreatif.

Wakil Duta Besar Inggris Fenn dan Walikota Eri Cahyadi secara virtual membuka webinar St. Vincent yang berfokus pada pendidikan khusus.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, untuk memperingati Hari Sepeda Sedunia di bulan Juni, Wakil Dubes Inggris Rob Fenn bersama Walikota Eri dan “031 Brompton Community Surabaya” bersepeda santai untuk tingkatkan minat dan dukung manfaat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Bersepeda sangat baik untuk kesehatan, mengurangi polusi dan lalu lintas, dan merupakan cara cepat, murah dan efisien bagi banyak orang untuk melakukan perjalanan kota yang singkat, jika ada infrastruktur yang memadai.

Guna mendukung visi Gubernur Khofifah untuk menciptakan kota-kota ramah sepeda di Jawa Timur dan kampanye bike to work, Wakil Duta Besar Fenn juga akan berpartisipasi dalam merayakan Hari Sepeda Sedunia di acara Bersepeda bareng Brompton. Sepeda Brompton, buatan tangan di Inggris – adalah sepeda lipat paling populer di dunia, dan menjadi viral selama pandemi di Indonesia dan banyak tempat di dunia.

Wakil Duta Besar Fenn dan Wali Kota Surabayal0 bersepeda dengan sepeda ikonik di sekitar Balai Kota, dan menjawab pertanyaan dari media. Brompton Indonesia mensponsori acara tersebut.

Wakil Duta Besar Inggris Rob Fenn mengaku senang bisa datang ke Surabaya.

“Saya senang bisa berkunjung ke Surabaya lagi setelah dua tahun. Inggris mencintai Jawa Timur dan Surabaya. Kami telah bekerja keras untuk memelihara hubungan diplomatik di antara kami, dan persahabatan yang hebat itu membuahkan hasil dalam banyak hal, “ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengapresiasi kemitraan di Jawa Timur dan Surabaya dengan Gubernur Khofifah dan Walikota Eri sangat kuat. Kesepakatan sister city antara Surabaya dan Liverpool telah meningkatkan perdagangan, pendidikan, pertukaran budaya, dan hubungan antar individu yang lebih baik. Kerja sama sepak bola antara Surabaya dan Tranmere Rovers adalah contoh yang sangat baik. Komitmen bersama untuk mendukung inklusi disabilitas antara Surabaya dan St. Vincent telah menetapkan standar tinggi untuk apa yang dapat dicapai oleh hubungan kota kembar. Dan dengan kepemimpinan Gubernur Khofifah, kemitraan dengan Inggris telah menyebar ke luar Surabaya, ke bagian lain di Jawa Timur.

“Saya juga senang merayakan Hari Sepeda Sedunia 2022 bersama Walikota Eri Cahyadi. Sepeda bisa memangkas lalu lintas dan polusi, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan lebih terjangkau daripada alternatifnya. Terima kasih saya kepada Brompton Indonesia atas dukungan mereka terhadap inisiatif ini untuk mendorong lebih banyak lagi orang yang bersepeda, “tambahnya.

“Di dunia yang saling berhubungan, kita harus bekerja sama untuk menciptakan dunia yang sesuai dengan anak dan cucu kita. Surabaya dan Jawa Timur sudah menjadi mitra dekat kami dalam mencapai tujuan tersebut, “jelasnya.

Country Manager Brompton Bicycle Indonesia Kevin Wijaya menambahkan bahwa pesan yang disampaikan dalam kegiatan bersepeda bersama Pemerintah Kota Surabaya, Perwakilan Duta Besar Inggris dan melibatkan masyarakat, sejalan dengan tujuan Brompton yaitu “Menciptakan Kebebasan Perkotaan untuk Kehidupan yang Lebih Bahagia”.

“Dengan bersepeda, orang tidak perlu membuang waktu mereka dengan lalu lintas dan memiliki lebih banyak waktu untuk hal-hal yang mereka sukai. Kami ingin menciptakan kebebasan bagi masyarakat perkotaan untuk menjadi lebih bahagia dengan menggunakan sepeda lipat yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi, seperti sepeda perjalanan, sepeda utilitas, sepeda perjalanan hingga sepeda yang menyenangkan, “pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi

HEADLINE

Wujudkan Perjanjian Kerja Sama Kementerian ATR/BPN-Polri, Menteri AHY & Kapolri Sepakat Cegah Masyarakat Jadi Korban Konflik Pertanahan

HEADLINE

Pemerintah Rencana Bentuk Satgas Tangani Kasus Kecelakaan Kapal di Labuan Bajo