Home / News / Pendidikan

Minggu, 4 Desember 2022 - 10:57 WIB

UK Petra Jadi Kampus Swasta Pertama yang Miliki Black Box Theatre

Peresmian nama baru Petra Theatre di Petra Theatre Black Box Studio

Peresmian nama baru Petra Theatre di Petra Theatre Black Box Studio

iBenews.id – Petra Theatre Black Box Studio milik English for Creative Industry (ECI) Universitas Kristen Petra (UK Petra) resmi dibuka dan dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran mulai 3 Desember 2022.

“Akhirnya selesai juga hasil dari perjalanan panjang kami. Hari ini menandai babak baru Petra Little Theatre yang sudah tak kecil lagi dan merubah namanya menjadi Petra Theatre sejak hari ini setelah berdiri 20 tahun yang lalu. Terima kasih telah menemani kami, semoga akan terus melanjutkan perjalanan bersama Petra Theatre,” urai Stefanny Irawan, .S.S., M.A., selaku Managing Director Petra Theatre.

Petra Theatre Black Box Studio merupakan fasilitas laboratorium bagi para mahasiswa ECI UK Petra untuk mengasah kemampuan khususnya di bidang Performing Arts. Harapannya para mahasiswa ini dapat membuat pertunjukan teater yang segar dan berkualitas, bahkan menjadi pengembangan drama baru di Indonesia.

Ellara Yusea (English for Business, 2017-baju hitam) dan Jason Amadeus Singgih (Business Information System, 2020) saat acting di Petra Theatre Black Box Studio

Mampu menampung kapasitas hingga 129 orang, laboratorium ini berukuran 20,7 meter x 10,1 meter dengan ketinggian mencapai kurang lebih 3,5 meter. Stef merinci, keunggulan dari Petra Theatre Black Box Studio ini terletak dari seating nya yang bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Uniknya, tempat duduk dapat dengan mudah dipindahkan sesuai dengan bentuk yang ingin ditampilkan pada penonton.

Tahun ini menjadi spesial sebab awalnya yang bernama Petra Little Theatre ini merayakan hari jadinya yang ke-20. “Usia ini sudah tidak “kecil” lagi maka dari itu bersamaan dengan launching laboratorium baru ini maka kami merebranding namanya menjadi Petra Theatre,” tambah Stef.

Peresmian ini juga dimeriahkan dengan pameran mini produksi-produksi yang pernah dipentaskan dan tak lupa menampilkan 3 nomor musikal yang pernah ditampilkan di Petra Little Theatre Studio yang lama dari para Petranesian.

Terdapat tiga nomor yang ditampilkan yaitu “Days” by Sandy Excelsior from “In Da City!”, “The Girl Next Door” by Ellara Yusea from “A Story of Wounds” dan “Mother Asked Me Every Morning” by Fransisca Vinybelinda from “Mother How Are You Today?”.

Sementara itu Henny Putri Saking Wijaya, S.S., MA-ELT selaku Ketua Program Studi English for Creative Industry UK Petra menambahkan bahwa Petra Theatre Black Box Studio merupakan fasilitas Black Box pertama di Jawa Timur.

“Jadi Black Box Studio itu adanya di Jakarta. Jadi di Jawa Timur, Petra Theatre Black Box Studio yang pertama, “ungkap Henny.

Lebih lanjut Henny mengatakan keberadaan Black Box Studio tersebut untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa.

“Kami mau mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk berkarya, karena Black Box ini sangat fleksibel, sehingga penataan kursi dan panggung disesuaikan dengan kebutuhan performance yang màu ditampilkan, “pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemenparekraf Dukung Fordeswita 2024 Perkuat Pengembangan Wisata Olahraga di Desa Wisata

HEADLINE

Kemenparekraf Apresiasi Penyelenggaraan ITLS Awards 2024 di Bali

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip