Home / News / Pendidikan

Jumat, 25 November 2022 - 19:21 WIB

UK Petra Kampus Swasta Terbaik di Surabaya versi Lembaga Pemeringkatan Universitas Dunia QS AUR

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng. selaku rektor UK Petra, Surabaya

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng. selaku rektor UK Petra, Surabaya

iBenews.id – Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya membuktikan diri menjadi Perguruan Tinggi Swasta nomor satu di Surabaya berdasarkan penilaian Lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (AUR) 2023 pada Selasa (8/11) yang lalu.

“Sangat bersyukur pada Tuhan dan sangat bangga atas pencapaiannya. Peringkat ini menjadi konfirmasi kualitas unggul yang terus diperjuangkan UK Petra. Bahkan hingga diakui masyarakat internasional, khususnya di Asia.”, tambah Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng. selaku rektor UK Petra, Surabaya. (25/11)

Djwantoro merinci bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh keluarga besar UK Petra selama bertahun-tahun, dan berbagai sistem yang terus dikembangkan. Sehingga terus memacu dosen dan mahasiswa UK Petra untuk mengembangkan semua potensi unggulnya.

Menurut data yang dirilis oleh QS-AUR 2023, secara total ada 760 universitas di Asia sementara itu di Indonesia ada 40 universitas dan 8 universitas diantaranya berasal dari provinsi Jawa Timur yang masuk pemeringkatan QS AUR 2023. UK Petra sendiri memiliki peringkat 601-650 se-Asia, sehingga tak heran menjadi kampus swasta terbaik di Surabaya.

UK Petra berhasil mengalahkan kampus swasta lainnya di Surabaya karena dianggap mampu memenuhi beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh QS AUR. Diantaranya reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, jaringan penelitian internasional, rasio Fakultas atau mahasiswa, jumlah publikasi, sitasi yang dihasilkan dosen di jurnal-jurnal internasional bereputasi, jumlah dosen bergelar doktor S3, pertukaran jumlah mahasiswa masuk, pertukaran mahasiswa keluar, jumlah dosen hingga jumlah mahasiswa asingnya.

Sementara itu, Dr. Dra. Gan Shu San,M.Sc., Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Sistem Informasi UK Petra menambahkan bahwa penilaian utama dari QS AUR ini melakukan survei secara langsung ke kalangan masyarakat akademik internasional serta ke CEOnya.

“Sehingga ini membuktikan kualitas unggul alumni-alumninya berjumlah hampir 50 ribu orang yang berkarya di berbagai penjuru dunia diakui dengan adanya penilaian dari masyarakat internasional.”, tambah Shu San.

Kedepannya, UK Petra memiliki berbagai langkah untuk terus meningkatkan prestasi. Djwantoro mengatakan salah satunya dengan meneruskan praktek baik yang sudah ada selama ini, meningkatkan jejaring dan kerja sama dengan Perguruan Tinggi serta industri luar negeri yang memiliki reputasi baik.

“Peringkat internasional UK Petra di tingkat internasional ini menjadi titik pijak untuk terus mengembangkan UK Petra menjadi sebuah perguruan tinggi Kristen tingkat dunia.”, tutup Djwantoro. (iB-1)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemenparekraf Dukung Fordeswita 2024 Perkuat Pengembangan Wisata Olahraga di Desa Wisata

HEADLINE

Kemenparekraf Apresiasi Penyelenggaraan ITLS Awards 2024 di Bali

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip