Home / News / Pendidikan

Kamis, 22 September 2022 - 21:36 WIB

61 Tahun Berkarya, UK Petra Kembali Menerima Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Rektor UK Petra, Djwantoro Hardjito (Foto: Dok UK Petra)

Rektor UK Petra, Djwantoro Hardjito (Foto: Dok UK Petra)

iBenews.id – Universitas Kristen Petra (UK Petra) genap berusia 61 tahun pada Kamis (22/9/2022). Berkaitan dengan hal itu, UK Petra menggelar Rapat Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis secara onsite di Auditorium Gedung Q kampus UK Petra mulai pukul 09.00 WIB.

Sebuah kado spesial bertepatan dengan hari ulang tahun UK Petra datang dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berupa Akreditasi Unggul berdasarkan Nomor Keputusan: BAN-PT No. 871/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022.

“Status UNGGUL ini menegaskan komitmen UK Petra untuk terus meningkatkan kredibilitas ke ranah global agar semakin berdampak positif bagi masyarakat. Berdasarkan data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi kemenristekdikti (PD Dikti), per 21 September 2022 jumlah Perguruan Tinggi (PT) yang sudah terakreditasi sejumlah 2927 dari 4575 PT yang ada di Indonesia. Dan UK Petra jadi salah satu PT dari 39 PT yang meraih status Akreditasi Unggul.”, ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng. selaku rektor UK Petra, Surabaya.

Tak hanya itu dalam moment perayaan bahagia itu, Djwantoro merinci berbagai penghargaan diberikan pada sivitas UK Petra. Mulai dari penghargaan beasiswa pada mahasiswa, penghargaan pada dosen berprestasi hingga sivitas (dosen dan persona kependidikan) yang telah mengabadikan dirinya pada UK Petra.

Tercatat UK Petra menggelontorkan dana beasiswa pada semester gasal 2022/2023 sebesar Rp. 4.562.777.000,00. Dengan beragam jenis beasiswa yang diberikan antara lain Prestasi Akademik, Petra Peduli, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kawasan Timur Indonesia (KTI), Petra Execellent, Petranesian dan lain-lain.

Hari spesial ini juga diramaikan dengan penyerahan penghargaan yaitu Petra Kencana Karya kepada pegawai akademik maupun persona kependidikan yang telah mengabdikan diri selama 20 tahun di UK Petra. Yang dibagikan kepada 33 orang. Selain itu, Petra Kencana Bhakti juga diberikan kepada 15 orang karyawan baik persona kependidikan maupun dosen yang telah mengabdi di UK Petra selama 30 tahun.

Tidak itu saja, UK Petra terus mendorong para dosen yang memiliki kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tertinggi dengan memberikan penghargaan. Di antaranya penghargaan pada peraih Dosen Inventif Terpuji Tingkat LLDIKTI Wilayah VII tahun 2021, Dosen Pemula dengan Kinerja Penelitian Terbaik dan lain-lain.

Dalam kesempatan yang baik ini, Djwantoro menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh sivitas. Untuk semua pihak bekerja sama meraih hal baik di level lebih tinggi bahkan tingkat internasional. “Penghargaan artinya bentuk apresiasi UK Petra pada karyawan dan mahasiswa yang berprestasi istimewa atau loyalitas tinggi. Akreditasi Unggul ini selain sebagai konfirmasi komitmen juga sebagai penyemangat diri sendiri untuk jadi lebih baik lagi.”, ujarnya.

Acara perayaan dikemas sangat interaktif, hal ini dapat dilihat di gedung Q lantai 3 juga digelar beragam kegiatan yang menarik yang dikoordinasi oleh BEM UK Petra. Diantaranya tersedia photobooth, Live Music dan Games. Untuk sesi Live Music akan kolaborasi dengan UKM Vocal Group yang menyanyikan kurang lebih 40 lagu.

Untuk Booth Games, terdapat tiga permainan utama dan dua permainan pendukung. Diantaranya melempar bola ke gelas, melempar bola ke lubang papan, berjalan di tempat sebanyak 61 kali, membawa barang sepanjang 61 cm dan melempar dadu berhadiah. (iB-1)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemenparekraf Dukung Fordeswita 2024 Perkuat Pengembangan Wisata Olahraga di Desa Wisata

HEADLINE

Kemenparekraf Apresiasi Penyelenggaraan ITLS Awards 2024 di Bali

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip