Home / News / Olah Raga

Senin, 1 Agustus 2022 - 14:29 WIB

Wagub Emil Harap Olahraga Berkuda Makin Dikenal dan Digemari Di Jatim

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat menyerahkan secara langsung trofi kepada pemenang di Final Seri I ini kategori Kelas 2 Tahun Pemula C/D 1.200 M (Foto: Kominfo Jatim)

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat menyerahkan secara langsung trofi kepada pemenang di Final Seri I ini kategori Kelas 2 Tahun Pemula C/D 1.200 M (Foto: Kominfo Jatim)

iBenews.id – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri pembukaan dan Seri I Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda Indonesia Derby ke-56 tahun 2022 di Gelanggang pacuan kuda Ki Ageng Astro Joyo, Kabupaten Pasuruan, Minggu (31/7/2022).

Dalam sambutannya, Emil mengatakan, kejurnas yang diinisiasi oleh Pengurus Pusat PORDASI ini mengenalkan lebih jauh pada masyarakat olahraga berkuda. 

Tak hanya itu, ajang ini juga menciptakan wadah untuk bersaing, berprestasi bagi atlet maupun peminat olahraga berkuda, sekaligus mencari bibit-bibit atlet berkuda di Indonesia, khususnya Jawa Timur. 

“Seperti yang telah kita ketahui bersama, Kejurnas ini bertujuan memasyarakatkan olahraga berkuda. Olahraga ini bukan merupakan olahraga baru, namun di indonesia sendiri perlu dilakukan usaha yang lebih agar peminatnya semakin banyak. Ini tonggak munculnya bibit-bibit baru yang berkualitas untuk Jatim dan Indonesia,” jelasnya.

Wagub Emil berharap event seperti ini akan dapat lebih sering diadakan. Terutama, setelah adanya vakum 2 tahun sebagai imbas dari pandemi Covid-19. Pasalnya, dengan seringnya pelatihan dan perlombaan, maka dapat memicu semangat serta kemampuan para atlet. 

Khususnya, lanjut Wagub Emil, menjelang PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara yang akan kembali mempertandingkan olahraga berkuda.

“Semakin sering diadakan single event untuk lebih meningkatkan pengalaman bertanding buat atlet berkuda kita. Hal ini menjadi motivasi berbagai daerah untuk menyiapkan kontingennya masing-masing, apalagi mengingat PON XXI 2024 akan kembali mempertandingkan olahraga berkuda,” seru Wagub Emil.

Mewakili Pemprov, Wagub Emil menyampaikan rasa bahagia bahwa Provinsi Jatim, Kabupaten Pasuruan, terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Kejurnas tahun ini. Bahkan fasilitas dari Gelanggang Pacuan Kuda Ki Ageng Astrojoyo patut diberikan apresiasi. Sebab telah dibenahi dan dapat makin mendukung performa para atlet dan memberikan kenyamanan bagi para penonton.

Terlebih lagi, disediakan pula stan untuk para UMKM yang menjajakan makanan serta minuman di area sekitar gelanggang.

“Jatim merasa berbahagia telah dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan Kejurnas tahun ini. Telah ada pembenahan yang mengagumkan sehingga mendukung performa para atlet,” pujinya.

“Tentunya kita semua berharap selain menonton Kejurnas, kita menikmati kuliner dan keinsahan pariwisata di Jatim,” pungkasnya.(iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air