Home / News / Pendidikan

Selasa, 24 Mei 2022 - 09:14 WIB

UK Petra Bangun Fasilitas Studio Kedap Suara dan Smartboard

Monica Gabriela, Salah satu anggota BEM UKP saat melaksanakan podcast dgn Prof. Djwantoro Hardjito (rektor)

Monica Gabriela, Salah satu anggota BEM UKP saat melaksanakan podcast dgn Prof. Djwantoro Hardjito (rektor)

iBenews.id – Sistem pendidikan secara daring sudah diterapkan sejak pandemi COVID-19 melanda. Kini di tengah situasi new normal untuk lebih memaksimalkan pembelajarannya maka UK Petra kembali menambah fasilitas bernama Virtual Teaching Booth (VTB) dan Podcasting Room yang diresmikan pada Senin (23/5/22).

“Keberadaan VTB dan Podcasting Room bahkan Smartboard ini diharapkan mampu memfasilitasi proses pembelajaran generasi millenial pasca era COVID-19.”, ungkap Liauw Toong Tjiek, S.T., M.S., Ph.D. atau akrab yang disapa Aditya Nugraha sebagai Kepala Excellence in Learning and Teaching Center (ELTC) UK Petra.

Fasilitas paling anyar yang menangkap para generasi millennial ini dikelola langsung oleh Excellence in Learning and Teaching Center (ELTC) UK Petra. Ruang VTB yang berjumlah empat buah ini merupakan sebuah ruangan kedap suara yang didesain menyerupai studio kecil dilengkapi dengan berbagai peralatan audio visual yang baik.

Aditya merinci peralatan yang ada diantaranya laptop, high quality broadcasting camera, audio mixer digital, microphone condenser, headphone, green screen portable, ring light, document camera, dan digital writing/drawing pad. VTB kini sementara berada di Gedung T, Gedung C dan Gedung P kampus UK Petra.

VTB dapat dimanfaatkan oleh baik itu tenaga pengajar, tenaga kependidikan hingga mahasiswa UK Petra untuk menunjang proses pembelajaran. “Misalnya saja seperti merekam konten media social untuk tugas kuliah, live streaming bahkan menjadi narasumber di acara daring.”, tambah Aditya.

Sementara itu Podcasting room yang berada di Gedung T kampus UK Petra menjadi sebuah fasilitas yang memang khusus disediakan untuk pembuatan konten pembelajaran dengan sistem podcast agar lebih interaktif mengikuti zaman.

Tersedia dalam dua macam ruang yaitu ruang podcasting formal dan informal. Ruang podcasting formal didesain dengan konsep podcaster melakukan perbincangan dengan duduk saling berhadapan di meja panjang. Sedangkan Ruang Podcasting informal didesain dengan konsep podcaster melakukan perbincangan santai di ruang tamu dengan sofa.

Peralatan yang tersediapun diantaranya audio mixer digital, microphone condenser, headphone, SmartTV untuk display konten dan lain-lain. Sama seperti ruang VTB, ruangan ini juga dapat dimanfaatkan mulai dari mahasiswa, tenaga kependidikan hingga Biro mahasiswa pun juga dapat memanfaatkannya.

Tak hanya itu saja, UK Petra kini juga telah mempunyai Smartboard dengan ukuran 86 inchi. Apa itu Smartboard? Sebuah papan tulis digital yang memiliki layar sensitif, bisa disentuh dan terintegrasi dengan software yang ada di laptop misalnya Autocat, YouTube dan lain-lain. Bahkan papan tulis ini dapat menyimpan informasi yang pernah ditulis diatasnya.

Jadi mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan lebih menyenangkan, sebab dosen juga dapat langsung browsing internet di papan tersebut. “Kami sangat mendukung proses pembelajaran di UK Petra menjadi lebih kreatif dan menarik. Tak hanya itu saja keamanan juga diperhatikan, staf ELTC secara rutin mensterilkan ruangan dan peralatan setelah digunakan. Oleh karena itu jadwal penggunaannya tidak bisa back-to-back atau perlu jeda untuk sterilisasi.”, tutup Aditya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo