Home / Berita / News

Selasa, 28 Februari 2023 - 19:20 WIB

Surabaya Raih Adipura Kencana Ketujuh Kalinya dari KLHK RI

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan Adipura Kencana 2022  (Foto: Diskominfo Surabaya)

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan Adipura Kencana 2022 (Foto: Diskominfo Surabaya)

iBenews.id – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan Adipura Kencana 2022 kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Penghargaan Adipura Kencana ini bukan yang pertama bagi Surabaya, namun sudah yang ketujuh kalinya diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Seusai menerima penghargaan itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat telah konsisten dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Adipura Kencana ini saya apresiasikan untuk warga Kota Surabaya, dan teman-teman penyapu jalan. Itu semua karena mereka dan Surabaya Bergerak yang sudah sangat luar biasa,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Menurut Wali Kota Eri Cahyadi, penghargaan Adipura Kencana 2022 Kategori Kota Metropolitan ini bukan untuk Pemerintah Kota (Pemkot), akan tetapi untuk warga Surabaya yang telah mau bergotong royong, menjaga, dan guyub rukun dalam membersihkan lingkungan. “Saya bawa kirab itu ingin menunjukkan, Iki loh (ini loh) warga Surabaya, terima kasih atas guyub rukunnya menjaga kota ini, ayo dipertahankan gotong royongnya,” ujar Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali kota yang akrab disapa Cak Eri Cahyadi itu mengungkapkan, penghargaan Adipura Kencana sempat terhenti beberapa tahun lalu akibat pandemi Covid-19. Walaupun penghargaan itu sempat terhenti, warga Kota Surabaya tetap konsisten menjaga kebersihan lingkungan bersama.

“Apalagi sekarang ada Surabaya Bergerak. Setelah Covid-19, kalau ada yang bilang Surabaya sekarang nggak bersih ya, buktinya tidak. Dengan Surabaya Bergerak, warga saling bergotong royong dan kerja bakti, sehingga penghargaan ini saya dedikasikan untuk warga Surabaya,” ungkap Cak Eri.

KLHK RI menilai Kota Surabaya berhasil dalam pengelolaan sampah, dan ruang terbuka hijau (RTH) dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan. Sehingga Surabaya berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana tahun 2022.

Setelah menerima penghargaan ini, rencananya Pemkot Surabaya akan menggelar arak-arakan penghargaan Adipura Kencana ini dari Bandara Internasional Juanda hingga ke Balai Kota Surabaya.

Dalam arak-arakan tersebut, tidak hanya piagam Adipura Kencana 2022 saja, tetapi juga ada juga penghargaan Adiwiyata Mandiri, Adiwiyata Nasional, Nirwasita Tantra, dan ada pula penghargaan Proklim yang didapatkan oleh masyarakat dan sekolah dari KLHK RI. Kemudian, di Balai Kota Surabaya juga ada apresiasi untuk tim pasukan kuning Kota Surabaya.

“Jadi, nanti ada anak-anak SD-SMP yang menerima penghargaan Adiwiyata, setelah itu ada penghargaan Proklim yang diraih oleh warga perkampungan, setelah itu ada Nirwasita Tantra untuk semua warga yang mendapatkan penghargaan. Sekali lagi, ini sebagai bentuk apresiasi kepada warga, penghargaan bukan suatu tujuan utama, akan tetapi guyub rukunnya warga Kota Surabaya yang harus kita jaga,” pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global