Home / Ekonomi / News

Jumat, 15 Juli 2022 - 07:30 WIB

Sinergikan Peran secara Nasional, KPPU Gelar Rapimnas di Solo

Rapimnas KPPU Dihadiri Gubernur Jateng dan Walikota Surakarta

Rapimnas KPPU Dihadiri Gubernur Jateng dan Walikota Surakarta

iBenews.id – Rapat Pimpinan Nasional Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Rapimnas KPPU) dibuka langsung oleh Ketua KPPU Ukay Karyadi dan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua, Komisioner dan pejabat struktural KPPU secara tatap muka atau tergabung secara daring.

Dalam Rapimnas, Ketua KPPU menyampaikan bahwa rancangan awal Program Pengawasan Persaingan Usaha dan Kemitraan ditujukan untuk semakin meningkatkan kontribusi KPPU dalam pengawasan kemitraan, agar kami tetap berkontribusi dalam periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang akan datang. Saat ini, sebagai pemegang amanat dari UU No. 5/1999 dan mandat pelaksanaan UU No. 11/2020, sejak awal tahun 2022 KPPU telah menetapkan target dalam kegiatan – kegiatan Major Project yang ditujukan untuk mendukung Kemitraan yang Sehat. “Saya mengharapkan semoga kita dapat senantiasa menunjukkan kualitas yang baik dan senantiasa meningkatkan kapasitasnya dalam melaksanakan tugas pokok dalam menjalankan amanat Undang–Undang,” ungkap Ukay.

Sementara itu, Gubernur Jateng dalam Keynote Speechnya berharap KPPU dapat meningkatkan inisiatif rekomendasi atau masukan kebijakannya kepada pemerintah untuk iklim persaingan usaha di Indonesia. KPPU dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diminta dapat saling bersinergi agar setiap regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah dapat mendorong kebangkitan ekonomi, dan agar analisis data dan regulasi yang diterapkan dapat selaras dengan tujuan. Ganjar yakin KPPU memiliki data yang bisa dianalisis dan menghasilkan rekomendasi.

Dalam kesempatan ini pula, Walikota Surakarta memaparkan UMKM Solo yang telah sampai di kancah internasional. Melalui Rapimnas KPPU ini dirinya juga berharap KPPU dapat memberikan dukungan dan pengawasan kepada UMKM di Solo agar dapat lebih berkembang. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air