Home / Ekonomi / News

Jumat, 15 Juli 2022 - 07:30 WIB

Sinergikan Peran secara Nasional, KPPU Gelar Rapimnas di Solo

Rapimnas KPPU Dihadiri Gubernur Jateng dan Walikota Surakarta

Rapimnas KPPU Dihadiri Gubernur Jateng dan Walikota Surakarta

iBenews.id – Rapat Pimpinan Nasional Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Rapimnas KPPU) dibuka langsung oleh Ketua KPPU Ukay Karyadi dan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua, Komisioner dan pejabat struktural KPPU secara tatap muka atau tergabung secara daring.

Dalam Rapimnas, Ketua KPPU menyampaikan bahwa rancangan awal Program Pengawasan Persaingan Usaha dan Kemitraan ditujukan untuk semakin meningkatkan kontribusi KPPU dalam pengawasan kemitraan, agar kami tetap berkontribusi dalam periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang akan datang. Saat ini, sebagai pemegang amanat dari UU No. 5/1999 dan mandat pelaksanaan UU No. 11/2020, sejak awal tahun 2022 KPPU telah menetapkan target dalam kegiatan – kegiatan Major Project yang ditujukan untuk mendukung Kemitraan yang Sehat. “Saya mengharapkan semoga kita dapat senantiasa menunjukkan kualitas yang baik dan senantiasa meningkatkan kapasitasnya dalam melaksanakan tugas pokok dalam menjalankan amanat Undang–Undang,” ungkap Ukay.

Sementara itu, Gubernur Jateng dalam Keynote Speechnya berharap KPPU dapat meningkatkan inisiatif rekomendasi atau masukan kebijakannya kepada pemerintah untuk iklim persaingan usaha di Indonesia. KPPU dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diminta dapat saling bersinergi agar setiap regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah dapat mendorong kebangkitan ekonomi, dan agar analisis data dan regulasi yang diterapkan dapat selaras dengan tujuan. Ganjar yakin KPPU memiliki data yang bisa dianalisis dan menghasilkan rekomendasi.

Dalam kesempatan ini pula, Walikota Surakarta memaparkan UMKM Solo yang telah sampai di kancah internasional. Melalui Rapimnas KPPU ini dirinya juga berharap KPPU dapat memberikan dukungan dan pengawasan kepada UMKM di Solo agar dapat lebih berkembang. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo