Home / Lifestyle / News

Minggu, 7 Mei 2023 - 20:16 WIB

Serunya Sunmori Bersama Komunitas Vespa, Kenalkan Keguyuban Kota Surabaya

Sunmori bersama komunitas vespa keliling kota Surabaya

Sunmori bersama komunitas vespa keliling kota Surabaya

iBenews.id – Serangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 terus digelar di Kota Pahlawan. Minggu (7/5/2023) pagi ini, ribuan penggemar vespa yang tergabung dalam komunitas vespa baik dari dalam kota Surabaya maupun luar kota melakukan Sunmori (Sunday Morning Ride) atau berkendara di hari Minggu pagi. Sunmori ini dilakukan bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi.

Sekitar 2 ribuan orang yang tergabung dalam berbagai komunitas vespa mengikuti Sunmori kali ini. Mereka diberangkatkan oleh Wali Kota Eri dari halaman Balai Kota Surabaya lalu mengelilingi Surabaya dan finish di Alun-alun Surabaya. Mereka nampak menikmati udara Surabaya di pagi hari.

Seusai Sunmori, Wali Kota Eri menjelaskan bahwa acara pagi ini merupakan serangkaian acara yang digelar oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) dan kali ini bekerjasama dengan para komunitas vespa. Acara TDA itu sudah digelar sejak beberapa hari lalu di Alun-Alun Surabaya dan kali ini puncaknya ditutup dengan Sunmori.

“Pagi ini kita mengelilingi Surabaya bersama komunitas vespa yang sangat luar biasa, karena tadi ada sekitar 2 ribuan yang ikut dari berbagai komunitas vespa,” kata Wali Kota Eri didampingi Rini Indriyani Eri Cahyadi.

“Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata peserta Sunmori ini tidak hanya berasal dari Kota Surabaya. Namun, banyak juga yang berasal dari luar Kota Surabaya. Bahkan, yang paling jauh ada yang berasal dari Makasar, “tambah Cak Eri.

Menurut Eri, kegiatan ini sekaligus mengenalkan Kota Surabaya, mengenalkan keguyuban Surabaya, mengenalkan ciri khas warga Kota Surabaya.

“Saya berharap kepada mereka bisa terkenang dan mereka bisa kembali lagi ke Surabaya karena kangen dengan rasa guyub rukunnya warga Kota Surabaya,” tegasnya.

Bagi Wali Kota Eri dan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, pengenalan-pengenalan Kota Surabaya semacam ini sangat dibutuhkan bagi warga yang berasal dari luar Kota Surabaya, terutama bagaimana warga menyambut mereka.

“Jadi, silahkan datang ke Surabaya dan rasakan nyamannya dan senangnya berada di Surabaya, yang pasti juga mereka harus terkenang dengan Kota Surabaya,” tegasnya.

Oleh karena itu, Wali Kota Eri menegaskan ke depannya akan terus mengenalkan Surabaya dengan berbagai komunitas. Jika tahun lalu sudah ada komunitas sepeda yang ikut memeriahkan HJKS, maka tahun ini ada komunitas vespa dari berbagai daerah di Indonesia yang turut memeriahkan HJKS ini.

“Kita akan terus merangkul berbagai macam komunitas, kita akan mengenalkan kepada semua pihak bahwa Surabaya merupakan kota yang rukun dan Surabaya tidak hanya menjadi kota jasa, tapi juga banyak wisatanya. Silahkan datang ke Surabaya, kita akan kenalkan titik-titik yang ada di Surabaya dan silahkan merasakan nyamannya dan guyubnya warga Kota Surabaya,” ujarnya.

Wali Kota Eri juga menyampaikan terimakasih banyak kepada komunitas vespa Surabaya yang telah menjadi tuan rumah yang baik bagi komunitas vespa dari luar Surabaya.

“Saya juga menyampaikan terimakasih banyak kepada seluruh teman-teman komunitas vespa yang telah hadir dan menikmati udara pagi di kota kami tercinta. Semoga terkenang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Wirausaha, Malik Atmadja, menjelaskan bahwa Sunmori ini adalah serangkaian dari acara Pesta Wirausaha yang digelar sejak beberapa hari lalu di Alun-Alun Surabaya. Tentunya, berbagai acara yang digelar itu untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730.

“Untuk Sunmori ini ternyata pesertanya sangat luar biasa, ada sekitar 2 ribuan yang ikut dalam acara ini. Mereka berasal dari Surabaya dan luar Surabaya, ada pula yang sampai dari Makasar datang ke Surabaya,” katanya.

Ia juga memastikan bahwa acara Sunmori bersama Komunitas Vespa ini baru pertama kali digelar khusus untuk menyambut dan memeriahkan HJKS. Tentunya, ke depan ia berharap acara serupa bisa terus digelar di Kota Pahlawan.

“Semoga ini bukan akhir, tapi ke depannya insyaallah akan terus kita gelar,” pungkasnya. (iB-4)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global