Home / Berita / News

Selasa, 18 Juli 2023 - 14:47 WIB

Sekoci Kapal Wisata Terbalik di Labuan Bajo, 1 Wisatawan Meninggal Dunia

Foto. Tim SAR melakukan evakuasi terhadap wisatawan korban tenggelamnya sekoci milik KM Kaia di perairan Pulau Mauwang Labuan Bajo NTT.

Foto. Tim SAR melakukan evakuasi terhadap wisatawan korban tenggelamnya sekoci milik KM Kaia di perairan Pulau Mauwang Labuan Bajo NTT.

Beritalabuanbajo.com,- Sekoci milik kapal wisata KM Kaia tenggelam di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, tepatnya di perairan sekitar Pulau Mauwang akibat dihantam gelombang, Senin 17 Juli 2023 petang.

Kejadian itu mengakibatkan seorang wisatawan nusantara bernama Alex Susanto Salim (43) meninggal dunia. Korban sebelumnya sempat dievakuasi tim SAR Pos Manggarai Barat ke Rumah Sakit Siloam, namun nyawanya tak tertolong.

Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan selaku SMC (SAR Mission Coordinator) mengatakan, mulanya korban hendak melakukan diving di Pulau Mauawang, namun nahas sekoci yang ditumpangi tenggelam akibat dihantam gelombang.

Tim SAR Gabungan langsung bergerak menuju lokasi kejadian saat menerima informasi tersebut.

“Sesampainya di KM Kaia, Korban sudah ditolong oleh kru kapal dan melaksanakan RJP (Resusitasi Jantung Paru) begitu juga Tim SAR Gabungan terus melaksanakan RJP,” jelas Supriyanto.

Tim SAR gabungan kemudian membawa korban ke Labuan Bajo guna mendapatkan pertolongan medis di rumah sakit.

“Di bawa ke RS Siloam, dan dari keterangan dokter menyatakan bahwa korban sudah tidak dapat ditolong lagi atau meninggal dunia,” pungkasnya.

Diketahui, dalam bulan ini sudah terjadi dua kecelakaan kapal di perairan Labuan Bajo, sebelumnya kapal wisata Dragonet yang membawa 18 penumpang mengalami patah kemudi, saat berlayar dari Pulau Padar menuju Pulau Komodo.

Kapal tersebut membawa 2 orang wisatawan asing dari Malaysia, 10 orang WNI, 1 orang guide, dan 5 orang kru kapal. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (*Red/BR)

 

 

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo