Home / Berita / News

Senin, 11 April 2022 - 14:08 WIB

Rumah Lintas Agama Wujud Komitmen Wali Kota Eri Cahyadi Jaga Toleransi Antar Umat

 Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri ibadah umat Kristen di Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat (Foto: Diskominfo Surabaya)

Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri ibadah umat Kristen di Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat (Foto: Diskominfo Surabaya)

iBenews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya menjaga toleransi umat beragama di Kota Pahlawan. Bahkan, untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya ke-729, pemkot akan mendirikan Rumah Lintas Agama.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri ibadah umat Kristen di Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat, Minggu (10/4/2022). Menurutnya, Kota Surabaya harus menjadi kota yang aman dan nyaman untuk semua umat beragama di Indonesia.

“Rumah Lintas Agama ini akan kita deklarasikan sebelum HUT Kota Surabaya. Ini akan menjadi kado terindah untuk seluruh masyarakat Kota Pahlawan,” kata Wali Kota Eri.

Oleh karena itu, ia membutuhkan bantuan dari umat beragama di Kota Surabaya dalam pendirian Rumah Lintas Agama. Rencananya, tempat ini akan diisi oleh para pemuda yang akan mengambil peran untuk pembangunan Kota Pahlawan.

“Ketika para pemuda ini mendapat arahan dari penasehat lintas agama, mereka akan terjun untuk berbagi tentang ilmu agama dan sosial di kecamatan, kelurahan, sampai ke RT/RW,” jelas dia.

Dengan adanya tempat untuk berkumpulnya para pemuda lintas agama, Wali Kota Eri Cahyadi meyakini bahwa Kota Surabaya mampu mewujudkan kota yang memiliki rasa toleransi untuk umat beragama.

“Saya ingin menunjukkan bahwa Kota Surabaya adalah kota toleransi. Saya mohon doanya agar kita bisa berkolaborasi dalam mewujudkan Rumah Lintas Agama,” pintanya.

Di sisi lain, ia juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Surabaya yang turut bergotong-royong untuk mempertahankan pelaksanaan PPKM Level 1 di Kota Pahlawan.

“Saya meminta tolong, setiap doa yang njenengan (anda) panjatkan, tolong doakan Kota Surabaya agar jauh dari sakit-penyakit dan marabahaya. Mari terus menjaga dengan melakukan penerapan prokes dalam kegiatan sehari-hari,” ujar dia.

Sementara itu, Gembala Gereja Mawar Sharon Surabaya Barat Pastor Philip Mantofa mengaku, bahwa akan mendukung setiap langkah Pemkot Surabaya dalam pembangunan Kota Pahlawan, khususnya dalam menjaga rasa toleransi umat beragama.

“Kami merasa bangga dengan Bapak Wali Kota Eri Cahyadi, yang terus berusaha menjaga kerukunan umat beragama. Terima kasih bapak Wali Kota, kami Gereja Mawar Sharon siap mendukung langkah Pemkot Surabaya dalam proses persiapan Rumah Lintas Agama,” pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air