Home / Berita / News

Senin, 5 Desember 2022 - 19:32 WIB

Polres Malang Dirikan Posko Siaga Bencana Erupsi Semeru

Foto: Dok. Humas Polda Jatim

Foto: Dok. Humas Polda Jatim

iBenews.id – Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana menindaklanjuti kejadian bencana alam Erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Polres Malang memberikan respon cepat dengan mendirikan tenda Posko di Perbatasan Malang – Lumajang, Minggu (4/12/2022) malam.

Sebagaimana diketahui bahwa erupsi Gunung Semeru disertai APG (Awan Panas Guvuran) yang terjadi pada Minggu (4/12/2022) sekitar pukul 02.46 WIB seperti disampaikan dalam Surat Edaran Press Realease oleh Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI.

Sebagai upaya penanggulangan bencana erupsi gunung Semeru, maka Polres Malang Polda Jatim melakukan antisipasi dalam kejadian bencana Erupsi dan APG Gunung Semeru, yaitu dengan mendirikan Posko Bencana di Mapolsek Ampelgading, di jalur perbatasan Malang – Lumajang.

Posko Bencana didirikan dengan tujuan untuk penyaluran bantuan sosial, posko kesehatan, posko evakuasi dan Siaga Bencana di wilayah Ampelgading Kabupaten Malang.

Kapolres Malang melalui Kabag Ops Polres Malang Polda Jatim, Kompol Muhamad Bagus Kurniawan menyampaikan bahwa Posko Bencana ini akan di siagakan selama kejadian Bencana Alam Erupsi dan APG Gunung Semeru.

“Juga untuk menghimbau masyarakat yang akan menuju Lumajang untuk mencari Jalur Alternatif lainnya,” kata Kompol Bagus, Senin (5/12/2022).

Untuk akses ke Pronojiwo dan Kabupaten Malang melalui curah Kobokan saat ini kata Kompol Bagus tidak bisa dilalui.

“Sebagaimana diketahui bahwa Hari Minggu (4/12/22) di Desa Argoyuwobo, Desa Tamansari, dan Desa Mulyoasri yang dekat dengan Lereng Gunung Semeru juga hujan abu, disertai dengan hujan,” tambah Kompol Bagus .

Polres Malang Pokda Jatim bersama Muspika Ampelgading dan Instansi terkait juga telah mendirikan Pos Pengungsi, sebagai antisipasi Erupsi Susulan Gunung Semeru.

“Namun hingga saat ini, masyarakat di tiga Desa tersebut masih belum ada yang mengungsi,” pungkas Kabag Ops Polres Malang Polda Jatim ini. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global