Home / Ekonomi / News

Jumat, 13 Januari 2023 - 10:14 WIB

PLN Siap Suplai Pasokan Listrik Tanpa Kedip di Gelaran Piala Dunia U-20 Surabaya

Foto : FIFA mengapresiasi kesiapan dan keandalan pasokan listrik PLN untuk mendukung gelaran Piala U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo (Foto: Humas PLN UID Jatim)

Foto : FIFA mengapresiasi kesiapan dan keandalan pasokan listrik PLN untuk mendukung gelaran Piala U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo (Foto: Humas PLN UID Jatim)

iBenews.id – Jelang gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada 20 Mei – 11 Juni 2023 di beberapa stadion salah satunya Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, PT PLN (Persero) persiapkan pasokan listrik yang andal tanpa kedip.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran mengatakan, pasokan utama venue disuplai dari Penyulang GH Tandono, dengan suplai cadangan dari Penyulang Pakal dan genset pelanggan berkapasitas 2 x 800 kW. Lokasi pengamanan pasokan listrik di venue meliputi lampu arena, scoreboard, ruang server, media center, ruang VIP, dan tribun VVIP.

“Telah dilakukan Pra Assesment dan Assesment dari FIFA untuk menguji kelayakan dan kesiapan venue sebagai lokasi perhelatan internasional dari segi kesiapan termasuk infrastruktur kelistrikannya. Kami menyiagakan sebanyak 60 personel yang dilengkapi dengan 5 Unit UPS kapasitas 250 kVA, 1 unit UGB 630 kVA, 5 unit genset 250 kW saat acara berlangsung nanti. Semoga andal tanpa kedip,” terang Lasiran, Kamis (12/1/2023).

Selain itu, PLN pun melakukan perkuatan suplai utama dan cadangan melalui penyambungan baru 105 kVA guna penerangan luar Stadion GBT, pembangunan SKUTM sepanjang 800 ms untuk suplai cadangan, pengoperasian perubahan daya stadion GBT dari 197 kVA menjadi 555 kVA, dan rehabilitasi kabel SKUTM Penyulang GH Tandono sepanjang 5 kms.

Meninjau kesiapan dan kelayakan stadion dari berbagai aspek termasuk infrastruktur kelistrikan, Federation Internationale de Football Association (FIFA) melakukan assessmen di berbagai titik seperti suplai utama dan suplai cadangan serta skema maneuver yang dilakukan. Perwakilan FIFA, Ross Maclean mengapresiasi kesiapan dan perencaan PLN untuk mendukung gelaran ini.

“Sudah bagus, direncanakan dengan baik dan ada juga yang masih dipersiapkan untuk memperkuat sistem sehingga keandalan pasti semakin tinggi. Tentunya ini akan sangat mendukung terciptanya event yang luar biasa,” ujar Ross Maclean.

Komitmen untuk memberikan pasokan listrik yang andal, PLN terus berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Surabaya untuk mendukung kesuksesan acara terutama dari sisi kelistrikan. Hal ini membuktikan baik saat asesmen maupun nantinya pasokan listrik PLN sudah siap dan andal untuk menghadirkan listrik tanpa padam.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengungkapkan berkat sinergi yang apik bersama PLN, tahap kesiapan dan penguatan sistem kelistrikan di Stadion GBT berlangsung lancar.

“Kemarin telah dilakukan persiapan dengan PLN sudah survey lapangan perdana bersama Disbudporapar dan segera ditindaklanjuti sesuai action plan. Kami berharap sinergi dan kerjasamanya hingga nanti acara dihelat berjalan lancar tanpa kendala. Karena ini merupakan event internasional yang membawa baik nama Indonesia di mata dunia sehingga harus kita persiapkan sebaik-baiknya,” pungkas Wiwiek. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Presiden Pastikan Tak Ada Bansos Untuk Korban Judi Online

HEADLINE

Wamenparekraf Komodo Travel Mart Dorong Pengembangan Pariwisata di NTT

HEADLINE

Mulai dari Kopi Hingga Gula Merah Kolang, 3 Produk Lokal Labuan Bajo Diminati China

HEADLINE

43.000 Turis Kunjungi Labuan Bajo Manggarai Barat Pada Bulan Mei 2024

HEADLINE

BPOLBF Gandeng Komunitas Floratama, Perkuat Kolaborasi Industri Parekraf

HEADLINE

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Water Heater Gas

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Perkuat Protokol Keamanan Wisata Bahari Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024