Home / MANGGARAI BARAT / News

Jumat, 23 Februari 2024 - 14:34 WIB

Pimpin Langsung Aksi Kebersihan, Sekda Mabar Turun di Pasar Batu Cermin

dok.foto.manggaraibaratkab.go.id

dok.foto.manggaraibaratkab.go.id

BERITALABUANBAJO.COM, LABUAN BAJO,- Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Fransiskus Sales Sodo, turun langsung, memimpin ASN di Manggarai Barat untuk membersihkan Pasar Batu Cermin dari sampah dan kotoran limbah.

Aksi kebersihan pasar Batu Cermin, yang berlangsung pada Rabu (21/02/2024) ini merupakan bagian dari cara pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk merayakan Hari Ulang Tahun Manggarai Barat yang ke-21.

Seluruh pimpinan dan staf lingkup pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, diinstruksikan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kebersihanyang berlangsung sejak Pkl. 06.00 hingga pkl. 09.00 itu. Para staf, baik yang PNS, PPPK maupun yang honor, tersebar hingga ke sudut-sudut pasar.

Mereka memungut sampah, mencabut rumput hingga mengingatkan para pedagang untuk sama-sama menjaga pasar Batu Cermin dari sampah dan kotoran.

Di lokasi, Sekda Fransiskus nampak konsen memperhatikan sejumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat yang membersihkan kotoran limbah ikan yang tergenang di got pasar dengan menggunakan semprotan air.

Untuk memperlancar aksi kebersihan ini, Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat menyiapkan kendaraan Damkar berisi air penuh tangki dengan kapasitas 5.000 liter.

Selain memberi instruksi langsung kepada para ASN, Sekda Fransiskus juga berdiskusi dengan para pedagang terkait sampah. Kepada para pedagang, Sekda Fransiskus memberi penegasan bahwa untuk menjaga kebersihan pasar Batu Cermin, bukan hanya tugas pemerintah.

Sekda Fransiskus berharap, agar setiap pedagang, dapat menyediakan tempat sampah di tempat jualan masing-masing, sehingga sampah tidak berserakan dan memudahkan petugas sampah untuk memindahkanya pada bak sampah besar yang siap angkut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat, Yeremias Ontong dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manggarai Barat, Gabariel Bagung, nampak setia mendampingi Sekda Fransiskus dalam aksi kebersihan itu.

Pasca aksi kebersihan ini, sejumlah pedagang di Pasar Batu Cermin menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. (*Red/MD)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global