Home / Ekonomi / News

Kamis, 30 Maret 2023 - 08:12 WIB

Perbaiki Kualitas Layanan Drive Thru Penukaran Uang, BI Jatim Utamakan Calon Penukar yang Memesan di Aplikasi Pintar

Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023, yang digelar pada tanggal 25 Maret 2023 di Banking Hall BI Jatim (Foto: Humas BI)

Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023, yang digelar pada tanggal 25 Maret 2023 di Banking Hall BI Jatim (Foto: Humas BI)

iBenews.id – Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur pada tanggal 25 Maret 2023 telah meluncurkan sejumlah layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023. Salah satu layanan penukaran yang difasilitasi Bank Indonesia bersama perbankan adalah mekanisme layanan penukaran uang tanpa turun dari kendaraan (drive thru).

Layanan drive thru penukaran uang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur selama bulan Ramadhan dari 25 Maret – 16 April 2023. Pada tahun 2023 layanan ini telah dilaksanakan perdana pada tanggal 25-26 Maret 2023 dengan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat. Kuota penukaran sebanyak 2.000 paket per hari terserap sepenuhnya pada layanan minggu pertama tersebut.

Merespon tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan drive thru penukaran uang, Bank Indonesia Jatim berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan (service level) penukaran uang agar masyarakat dapat menukar dengan nyaman, aman serta mendapat kepastian layanan.

Berdasarkan evaluasi minggu pertama yang lalu, Bank Indonesia Jatim memutuskan untuk menyesuaikan mekanisme layanan drive thru penukaran uang pada periode 1-2 April 2023 dan minggu berikutnya sbb:

1. Mengutamakan calon penukar layanan drive thru penukaran uang yang telah melakukan pemesanan di aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id dengan kuota sebanyak 75% dari total layanan per hari.

2. Pemesanan melalui PINTAR dapat dilakukan H-2 dari tanggal layanan drive thru di setiap minggunya sepanjang kuota masih tersedia. Sebagai contoh, untuk layanan drive thru penukaran uang tanggal 1 April 2023, pemesanan melalui aplikasi PINTAR baru dapat diakses sejak hari Kamis, 30 Maret 2023 pukul 09.00 WIB.

3. Bank Indonesia Jatim menambah kuota penukaran hingga 25% menjadi 2.500 penukar/ hari.

4. Pada waktu yang sudah dipilih, penukar PINTAR dapat datang ke lokasi penukaran dengan membawa print out / screenshoot bukti pemesanan disertai dengan KTP Asli penukar.

5. Dalam hal penukar menerima titipan dari penukar lain, dibatasi maksimal 3 (tiga) bukti pemesanan dan dapat menunjukkan KTP Asli penukar yang menitip.

6. Layanan Drive Thru Penukaran Uang menerima penukaran baik secara tunai maupun non tunai menggunakan QRIS

7. Bagi masyarakat yang tidak memperoleh kuota penukaran melalui aplikasi PINTAR, tetap akan dilayani namun dengan kuota penukaran yang terbatas, atau masyarakat dapat mencoba pemesanan PINTAR periode minggu berikutnya.

8. Masyarakat juga dapat melakukan penukaran pada outlet-outlet bank yang telah diberikan tanda khusus berupa Spanduk Layanan Penukaran Uang dengan jadwal sbb:

Bank Umum : Selasa, Rabu, Kamis pukul 08.30 – 11.30 WIB
BPR : Senin & Jumat, pukul 08.30 – 11.30 WIB. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global

HEADLINE

Menteri Kelautan berharap Elon Musk beri internet murah ke nelayan

HEADLINE

Jokowi akan membuka KTT World Water Forum pagi ini, Dihadiri Elon Musk

MANGGARAI BARAT

BPBD Pemkab Manggarai NTT Antisipasi Potensi Bencana Dampak El Nino

Ekonomi

Pelaku Wisata di Labuan Bajo Ikut Pelatihan Keselamatan

Internasional

Bandara Komodo Naik Status menjadi Bandara Internasional, Siap Berikan Layanan Keimigrasian di Bandara

LABUAN BAJO

30 Anggota Terpilih DPRD Manggarai Barat Periode 2024-2029

HEADLINE

Kapal Wisata Terbakar Lagi di Labuan Bajo