Home / Berita / News

Kamis, 11 Mei 2023 - 18:26 WIB

Nasdem Disambut Tari Remo, PDIP Diiringi Reog Daftarkan Bacaleg ke KPU Surabaya

Pendaftaran bacaleg PDIP Ke KPU Surabaya diiringi Reog Ponorogo (Foto: Beatrix)

Pendaftaran bacaleg PDIP Ke KPU Surabaya diiringi Reog Ponorogo (Foto: Beatrix)

iBenews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menerima pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari dua partai politik, yakni DPD Nasdem Surabaya dan DPC PDI Perjuangan Surabaya, Kamis (11/5/2023).

DPD Nasdem Surabaya bersama puluhan kader tiba di Kantor KPU Jalan Adityawarman pada pukul 11.00 WIB. Di kantor KPU Kpta Surabaya mereka disambut dengan tari Remo.

Ketua Bappilu DPD Nasdem Surabaya Imam Syafi’i menyebut, total ada 50 bacaleg yang didaftarkan. Dari keseluruhan, sudah memenuhi PKPU tentang 30 persen bacaleg tiap dapil harus wanita.

“Nasdem daftarkan 50 bacaleg. Untuk caleg perempuan sebanyak 36 persen. Sementara caleg dari kalangan milenial dan gen Z ada 34 persen dengan usia termuda 20 tahun ada dua orang, perempuan dan laki-laki” katanya di kantor KPU Surabaya.

“Perolehan suara, target, tiga anggota dewan yang kita sudah punya di dapil satu, dua, dan lima. Dapil yang sudah ada anggota dewan, harapannya bisa menambah. Yang belum bisa dapat target satu kursi. (Total) mudah-mudahan delapan kursi,” tambahnya.

Usai partai Nasdem, pada pukul 13.00 PDI Perjuangan Surabaya tiba di kantor KPU Surabaya usai melakukan long march dari kantor DPC PDI Perjuangan di jalan Setail Surabaya.

Tampak ratusan kader dan bacaleg diiringi pawai budaya yang menunjukkan keberagaman budaya nusantara serta diiringi Reog Ponorogo dan paskibra.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan PDIP Surabaya menargetkan 30 kursi, naik 100 persen dibanding pencapaian 2019 lalu, dimana partainya mampu menduduki 15 kursi dewan.

“Kuota perempuan 30 persen. Kalau bacaleg milenial banyak. Kita targetkan kursi sebanyak-banyaknya, 30 kursi naik 100 persen. Pada 2024 kami bekerja keras untuk datangkan 30 kursi di DPRD Surabaya juga kenaikan di Jatim dan RI dan suara berlimpah termasuk untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden,” jelas Awi sapaan akrabnya.

Sementara Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, usai pendaftaran bacaleg mulai 1-14 Mei 2023, akan ada verifikasi administrasi semua dokumen yang diajukan parpol.

“Parpol mengajukan bakal calon, kemudian kami cek dihari yang sama, pascatanggal 14 verifikasi administrasi jika kemudian ada beberapa dokumen yang perlu perbaikan, maka akan masuk perbaikan sampai semingguan,” jelasnya.

Diketahui, jumlah partai politik yang sudah mendaftarkan bacalegnya hingga hari ini, baru tiga partai yaitu Hanura, Nasdem, dan PDIP. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo