Home / Berita / News

Kamis, 11 Mei 2023 - 18:26 WIB

Nasdem Disambut Tari Remo, PDIP Diiringi Reog Daftarkan Bacaleg ke KPU Surabaya

Pendaftaran bacaleg PDIP Ke KPU Surabaya diiringi Reog Ponorogo (Foto: Beatrix)

Pendaftaran bacaleg PDIP Ke KPU Surabaya diiringi Reog Ponorogo (Foto: Beatrix)

iBenews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menerima pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari dua partai politik, yakni DPD Nasdem Surabaya dan DPC PDI Perjuangan Surabaya, Kamis (11/5/2023).

DPD Nasdem Surabaya bersama puluhan kader tiba di Kantor KPU Jalan Adityawarman pada pukul 11.00 WIB. Di kantor KPU Kpta Surabaya mereka disambut dengan tari Remo.

Ketua Bappilu DPD Nasdem Surabaya Imam Syafi’i menyebut, total ada 50 bacaleg yang didaftarkan. Dari keseluruhan, sudah memenuhi PKPU tentang 30 persen bacaleg tiap dapil harus wanita.

“Nasdem daftarkan 50 bacaleg. Untuk caleg perempuan sebanyak 36 persen. Sementara caleg dari kalangan milenial dan gen Z ada 34 persen dengan usia termuda 20 tahun ada dua orang, perempuan dan laki-laki” katanya di kantor KPU Surabaya.

“Perolehan suara, target, tiga anggota dewan yang kita sudah punya di dapil satu, dua, dan lima. Dapil yang sudah ada anggota dewan, harapannya bisa menambah. Yang belum bisa dapat target satu kursi. (Total) mudah-mudahan delapan kursi,” tambahnya.

Usai partai Nasdem, pada pukul 13.00 PDI Perjuangan Surabaya tiba di kantor KPU Surabaya usai melakukan long march dari kantor DPC PDI Perjuangan di jalan Setail Surabaya.

Tampak ratusan kader dan bacaleg diiringi pawai budaya yang menunjukkan keberagaman budaya nusantara serta diiringi Reog Ponorogo dan paskibra.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan PDIP Surabaya menargetkan 30 kursi, naik 100 persen dibanding pencapaian 2019 lalu, dimana partainya mampu menduduki 15 kursi dewan.

“Kuota perempuan 30 persen. Kalau bacaleg milenial banyak. Kita targetkan kursi sebanyak-banyaknya, 30 kursi naik 100 persen. Pada 2024 kami bekerja keras untuk datangkan 30 kursi di DPRD Surabaya juga kenaikan di Jatim dan RI dan suara berlimpah termasuk untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden,” jelas Awi sapaan akrabnya.

Sementara Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, usai pendaftaran bacaleg mulai 1-14 Mei 2023, akan ada verifikasi administrasi semua dokumen yang diajukan parpol.

“Parpol mengajukan bakal calon, kemudian kami cek dihari yang sama, pascatanggal 14 verifikasi administrasi jika kemudian ada beberapa dokumen yang perlu perbaikan, maka akan masuk perbaikan sampai semingguan,” jelasnya.

Diketahui, jumlah partai politik yang sudah mendaftarkan bacalegnya hingga hari ini, baru tiga partai yaitu Hanura, Nasdem, dan PDIP. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global

HEADLINE

Menteri Kelautan berharap Elon Musk beri internet murah ke nelayan

HEADLINE

Jokowi akan membuka KTT World Water Forum pagi ini, Dihadiri Elon Musk

MANGGARAI BARAT

BPBD Pemkab Manggarai NTT Antisipasi Potensi Bencana Dampak El Nino