Home / News / Pendidikan

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:12 WIB

MUDIKOMVIS, Ajang Pameran Internasional Prodi DKV PCU

Rektor Petra Christian University (PCU), Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng, bersama Isaac Chiu seorang Director General TETO (Taiwan Economic and Trade Office) (Foto: Humas PCU)

Rektor Petra Christian University (PCU), Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng, bersama Isaac Chiu seorang Director General TETO (Taiwan Economic and Trade Office) (Foto: Humas PCU)

iBenews.id – Selama lima hari berturut-turut mulai 23-27 Mei 2023 prodi DKV PCU menggelar beragam kegiatan perayaan ulang tahun peraknya. Kegiatan bertajuk MUDIKOMVIS ini diadakan di ruang galeri Gedung Q lantai 3 (Q.302 dan Q.303) kampus PCU mulai pukul 09.00 WIB.

“Acara kali ini memiliki konsep kembali pulang ke kampus lagi, khususnya bagi alumni prodi DKV PCU. Serangkaian acara kami usung dalam acara mulai dari pameran karya internasional alumni yang tersebar diberbagai negara, alumni mengajar, talkshow, workshop hingga mudikomvis night.,” ungkap Dr. Listia Natadjaja, S.T., M.T., M. Des., selaku ketua umum panitia acara MUDIKOMVIS.

Tercatat kurang lebih 100 karya terkumpul dalam pameran MUDIKOMVIS dari 10 negara yaitu mulai dari Indonesia, Taiwan, Korea Selatan, New Zealand, USA, Inggris, Belanda, Singapura, Thailand dan Australia. Karya pamerannya berupa 2D berupa foto karya, foto fashion hingga foto aplikasi. Sementara karya 3D berupa fashion, maket karakter berbahan kardus dan lain-lain.

“Pameran ini dibuka untuk para alumni, dosen dan para mahasiswa. Mengangkat tema Saatnya Berkisah, dengan tujuan alumni dapat berbagi kisah pengalaman hidupnya selepas dari DKV agar saling kenal dengan alumni lainnya. Hingga kini kami telah menghasilkan 20 angkatan alumni DKV. Sehingga tak heran jika alumni DKV PCU sudah tersebar di seluruh dunia., tambah Listia yang juga Ketua Prodi DKV PCU itu.

Misalnya seperti karya dari Steven Limandjaja, alumni DKV Angkatan 2015 bicara mengenai Memory Capsule. Steven yang kini berada di Belanda ini membuat karya untuk museum Belanda (Van Eesteren) berupa pameran foto tentang budaya Rock and Roll di Amsterdam pada tahun 1960 dan 1970an.

Steven membuat sebuah sistem agar para pengunjung museum tersebut dapat berinteraksi, menggunakan Augmented Reality dan Virtual Reality.

Selain itu ada juga Talk Show, mengundang para alumni dan juga mahasiswa DKV tingkat akhir (skripsi) untuk berbagi ilmu pengetahuan seputar topik-topik terkini DKV yang sedang berkembang. Alumni mengajar juga hadir dalam rangkaian acara ini. Alumni yang dilibatkan sebagai pembicara adalah alumni yang menjadi praktisi di industri kreatif, khususnya dalam bidang DKV.

Workshop hadir menyapa para pengunjung sebagai kegiatan kreatif yang sangat menarik untuk mengasah keterampilan para peserta. Hal ini melibatkan alumni dan mahasiswa sebagai peserta. Seperti yang kita tahu, lintas disiplin ilmu sangat diperlukan dalam industri kreatif saat ini. Workshop yang akan dilaksanakan nantinya akan mengajarkan pengembangan keterampilan di bidang DKV yang telah berpadu dengan bidang lainnya yang sedang diminati saat ini. Acara terakhir, Mudikomvis night menjadi acara reuni akbar Prodi DKV dari angkatan 1998 sampai 2018. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global