Home / Berita / News

Sabtu, 8 April 2023 - 17:23 WIB

Miliki 1.368 Daya Tarik Wisata, Disbudpar Ajak Masyarakat Habiskan Libur Lebaran di Jatim

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Hudiyono

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Hudiyono

iBenews.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur (Disbudpar Jatim) menyiapkan sejumlah paket wisata, dalam rangka menyambut libur lebaran tahun 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Hudiyono menjelaskan, bahwa Jatim memiliki sekurangnya 1.368 daya tarik wisata yang bisa dimanfaatkan pemudik saat pulang kampung.

Di Jatim ada 475 wisata alam, 550 wisata buatan, dan 343 wisata budaya. Jawa Timur juga memiliki potensi destinasi 596 desa wisata yang siap menyambut pemudik untuk berlibur. Ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau resto, 1.743 homestay dan 1.792 biro perjalanan wisata.

“Dengan ribuan daya tarik wisata tersebut, momentum Lebaran sambil liburan di Jawa Timur sangat tepat. Pemudik dapat menikmati potensi wisaya mulai dari wisata alam, wisata buatan, hingga wisata budaya, ujarnya, Jumat (7/4/2023).

Hudiyono menambahkan, Disbudpar Jatim bekerjasama dengan banyak pihak untuk bisa menyambut momen mudik Lebaran sambil liburan di Jatim saja.

Berdasarkan data Disbudpar Jatim tahun 2022, terdapat top 10 kunjungan wisatawan saat libur Lebaran.

Diantaranya Telaga Sarangan Magetan, Kebun Binatang Surabaya, Pantai Balekambang Malang, Go Fun Bojonegoro, Pantai Boom Banyuwangi, Pantai Klayar Pacitan, Taman Safari Pasuruan, Pantai Gemah Tulungagung, Pantai Watu Ulo Jember dan Jatim Park II Batu.

“Selain itu, masih banyak ratusan destinasi yang bisa menjadi tujuan wisata di musim libur Lebaran nanti,” katanya.

Guna memastikan, pemudik Lebaran yang liburan di Jatim agar merasa aman dan nyaman, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan lintas instansi.

“Sudah dilakukan pemetaan jalur rawan kemacetan oleh Ditlantas Polda Jatim. Titik rawan bencana sudah dirilis BPBD Jatim. Semua sudah dilakukan upaya preventif hingga mitigasi,” tuturnya.

Selain itu, pengelola wisata di Jawa Timur juga telah diberikan imbauan oleh Sekdaprov Jawa Timur melalui surat No 556.2/14109/118.9/2023. Dalam surat imbauan tersebut, pihak penanggungjawab usaha pariwisata diminta untuk mengawasi, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan kepariwisataan.

“Bismillah, semoga proses perjalanan mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar dan aman. Sambil silaturahmi Lebaran bersama keluarga di kampung halaman bisa sambil liburan. Tentunya kalau mau healing yang menyenangkan, ya di Jatim aja,” pungkasnya. (iB-3)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo