Home / News / Olah Raga

Kamis, 21 Juli 2022 - 07:16 WIB

Menpora: ASEAN Para Games Bukti Indonesia Peduli Atlet Difabel

Atlet angkat berat National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan (Pelatnas) untuk ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo, Jawa Tengah (Foto: Antara)

Atlet angkat berat National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan (Pelatnas) untuk ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo, Jawa Tengah (Foto: Antara)

iBenews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, selaku Ketua Penyelenggara ASEAN Para Games (APG) 2022 mengatakan, kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah APG membuktikan kepedulian pemerintah Indonesia kepada kaum difabel.

“Saya juga ingin menyampaikan bahwa ini adalah bukti dari pemerintah memberikan kesempatan yang sama kepada teman-teman difabel maupun nondifabel,” kata Amali dalam diskusi daring bertema “Indonesia Bidik Juara Umum ASEAN Para Games 2022” yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Rabu.

Indonesia menjadi tuan rumah APG ke-11 yang akan berlangsung di Kota Solo pada 30 Juli – 6 Agustus 2022.

“Sebenarnya, kita ini kan sudah berpengalaman menjadi tuan rumah multi even, bahkan sampai tingkat Asia, yakni Asian Games dan Asian Para Games 2018,” kata Menpora.

Dalam pergelaran Asian Para Games 2018 lalu, kata dia, semua berjalan sukses, dan semua pihak, termasuk yang dari luar negeri, menyatakan kepuasannya terhadap penyelenggaran Indonesia.

Selain itu, Menpora mengungkapkan Indonesia juga berkali-kali menjadi tuan rumah SEA Games, juga APG, dan khusus untuk Kota Solo adalah yang kedua kalinya.

Dari laporan dan pengecekan langsung yang dilakukannya di lapangan, menurut Amali, semua persiapan APG 2022 berjalan lancar, termasuk “opening” dan “closing ceremony”.

“Jadi sebenarnya, walaupun dalam waktu yang singkat kita ditunjuk untuk menjadi tuan rumah, tapi karena kesiapan infrastruktur yang ada, kesiapan SDM kita, jadi kita sebenarnya tidak kaget lagi,” katanya.

Persiapaan yang matang itu, lanjut Amali, tidak terlepas dari dukungan pemerintah pusat, khususnya Presiden Joko Widodo.

Ketika Ketua Umum NPC menyampaikan Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah, saat itu juga Presiden Jokowi langsung memberikan arahan untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

“Ini yang mungkin membuat pekerjaan kita lancar, karena perintah itu langsung datang dari pimpinan tertinggi kita. Sehingga dukungan ke bawahnya, di tingkat pusat, pemda, pemkot dan masyarakat itu juga memberikan ‘support’,” kata Menpora.

Lebih lanjut, Amali menyampaikan apresiasi kepada Kominfo karena telah memberi ruang bagi pihaknya untuk memberikan penjelasan terkait persiapan perhelatan APG tahun ini.

“Harapannya, masyarakat memberikan dukungan dan ‘support’-nya terhadap penyelenggaran kegiatan ini. Tentu ini menjadi kesempatan buat kita untuk membuktikan sebagai tuan rumah yang baik dan memberikan dukungan kepada para atlet kita,” pungkas Menpora Amali. (iB-3)

Sumber: Antara

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Presiden Pastikan Tak Ada Bansos Untuk Korban Judi Online

HEADLINE

Wamenparekraf Komodo Travel Mart Dorong Pengembangan Pariwisata di NTT

HEADLINE

Mulai dari Kopi Hingga Gula Merah Kolang, 3 Produk Lokal Labuan Bajo Diminati China

HEADLINE

43.000 Turis Kunjungi Labuan Bajo Manggarai Barat Pada Bulan Mei 2024

HEADLINE

BPOLBF Gandeng Komunitas Floratama, Perkuat Kolaborasi Industri Parekraf

HEADLINE

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Water Heater Gas

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Perkuat Protokol Keamanan Wisata Bahari Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024