Home / News / Olah Raga

Minggu, 5 Februari 2023 - 23:19 WIB

Menjelang Piala Dunia U-20, FIFA Cek Struktur Tanah hingga Drainase Semua Lapangan

Menjelang Piala Dunia U-20, FIFA Cek Struktur Tanah hingga Drainase Semua Lapangan (Foto: Diskominfo Surabaya)

Menjelang Piala Dunia U-20, FIFA Cek Struktur Tanah hingga Drainase Semua Lapangan (Foto: Diskominfo Surabaya)

iBenews.id – Perwakilan dari Federation Internationale de Football Association (FIFA) yang didampingi oleh jajaran PSSI kembali mendatangi Surabaya untuk mengecek langsung kondisi semua lapangan yang akan digunakan untuk pagelaran Piala Dunia U-20 2023. Kali ini, yang datang adalah konsultan FIFA yang khusus menangani persoalan lapangan.

Kedatangan konsultan FIFA ini disambut dan didampingi langsung oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, mulai dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Surabaya Irvan Widyanto serta Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati bersama jajarannya.

Sejak Minggu (5/2/2023) pagi, rombongan ini mengecek kondisi lapangan di Stadion Gelora 10 November, lalu dilanjutkan ke lapangan Thor, kemudian ke stadion Gelora Bung Tomo (GBT), yang dilanjutkan ke lapangan latihan A dan C. Kala itu, mereka mengecek struktur tanah di lapangan, panjang akar rumputnya, sistem penyiraman rumput, dan sistem drainase-nya.

“Jadi, semuanya dicek dengan menggunakan alat instrumen yang mereka bawa. Satu persatu dicek dengan detail,” kata Kepala Disbudporapar Surabaya Wiwiek Widayati di sela-sela mendampingi konsultan FIFA.

Menurutnya, FIFA ini sudah beberapa kali datang ke Surabaya, dan setiap datang itu biasanya ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki atau ditambahkan. Khusus persoalan lapangan utama dan lapangan latihan, perbaikannya langsung dilakukan oleh Kementerian PUPR, sehingga kedatangan konsultan FIFA kali ini mengecek hasil perbaikan dan perawatan lapangan selama ini.

“Pemkot bersama pemerintah pusat berusaha dan berkomitmen untuk memenuhi berbagai catatan yang diminta FIFA, dan mereka sangat mengapresiasi setiap progres yang kita lakukan, termasuk soal kondisi lapangan yang dicek hari ini. Mereka juga mengapresiasi,” katanya.

Wiwiek juga memastikan bahwa semua pekerjaan untuk menyambut Piala Dunia U-20 memang sedang proses dan semuanya sudah on the track. Namun, khusus untuk perawatan lapangan beserta rumput lapangan, memang ada beberapa tahap yang harus dilalui, dan saat ini berbagai tahap itu sudah dilakukan sampai akhirnya nanti akan dipasang pasir khusus.

“Selebihnya ada pula proses pemupukan rumput dan itu sudah dan terus dilakukan. Jadi, kita terus mengerjakan berbagai hal sampai menjelang perhelatan Piala Dunia U-20 nanti,” tegasnya.

Meski begitu, Wiwiek memastikan bahwa untuk pekerjaan fisik dan sebagainya ditargetkan pada bulan Maret sudah harus selesai semuanya. Kemudian pada bulan April, bisa dilihat apa saja yang belum dan masih kurang untuk diperbaiki.

“Makanya, nanti pada bulan April itu akan disempurnakan semuanya, sehingga pada bulan Mei semuanya sudah siap dan Piala Dunia U-20 diharapkan bisa segera berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Presiden Pastikan Tak Ada Bansos Untuk Korban Judi Online

HEADLINE

Wamenparekraf Komodo Travel Mart Dorong Pengembangan Pariwisata di NTT

HEADLINE

Mulai dari Kopi Hingga Gula Merah Kolang, 3 Produk Lokal Labuan Bajo Diminati China

HEADLINE

43.000 Turis Kunjungi Labuan Bajo Manggarai Barat Pada Bulan Mei 2024

HEADLINE

BPOLBF Gandeng Komunitas Floratama, Perkuat Kolaborasi Industri Parekraf

HEADLINE

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Water Heater Gas

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Perkuat Protokol Keamanan Wisata Bahari Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024