Home / Lifestyle / News

Jumat, 24 Maret 2023 - 09:11 WIB

Masjid Raya Islamic Center, Destinasi Wisata Religi Sambil Ngabuburit

Masjid Raya Islamic Center (Foto: Instagram Khofifah Indar Parawansa)

Masjid Raya Islamic Center (Foto: Instagram Khofifah Indar Parawansa)

iBenews.id – Keberadaan Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur yang diresmikan Gubernur Khofifah, Sabtu (18/3/2023) lalu, menjadi opsi bagi umat Islam untuk berjamaah sholat serta ibadah lainnya. Bahkan masjid yang berada di komplek Gedung Islamic Center Jl. Raya Dukuh Kupang No.122-124, Sawahan, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur ini selama bulan Ramadhan 1444 H telah siap menyelenggarakan berbagai kegiatan ibadah seperti sholat tarawih, kajian Islam, taddarus Alqur’an dan tentunya sebagai bentuk pelayanan kepada umat Islam yang berpuasa, disiapkan makanan – minuman ta’jil dan nasi kotak berbuka puasa.

Masjid Raya Islamic Center menjadi pilihan baru bagi warga Surabaya dan sekitarnya untuk ngabuburit jelang buka puasa sekaligus bisa ikutan kajian Islam sebelum adzan magrib sekaligus berbuka puasa bersama.

“Seperti yang dipesankan oleh Ibu Gubernur Khofifah untuk memakmurkan Masjid Raya Islamic Center Jatim namun juga memakmurkan jamaahnya dengan memberikan pelayanan. Khusus di bulan Ramadhan ini Biro Kesra Setdaprov Jatim telah menyusun jadwal kegiatan seperti sholat berjamaah, tarawih, pengajian Islam ba’da subuh dan menjelang buka puasa dan taddarus khotmil Al-Qur’an. Jamaah juga disiapkan ta’jil buka puasa,” terang Kepala Bagian Bina Mental Spiritual Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Doni Nugroho S., Kamis (23/3/2023).

Sebagai informasi, Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur ini merupakan masjid yang berkonsep futuristik, anti-mainstream dan minimalis serta hemat energi yang diarsiteki oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Desain masjid yang identik dengan bentuk kotak-kotak ini disimbolkan sebagai kumpulan kabupaten/kota di Jawa Timur. Selain itu dilengkapi nuansa industrial modern yang menjadi ciri khas tersendiri.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, menyampaikan, Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur ini berdiri di atas tanah seluas 6.406 M2 dengan luas bangunan 5.600 M2, yang meliputi lantai dasar, lantai 1 dan 2, berkapasitas menampung jamaah 3630 orang. Dibangun selama 7 bulan dengan total anggaran yang disiapkan mencapai Rp52,7 miliar.

“Harapannya Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur ini menjadi ikonik baru dengan landmarknya, sehingga bisa menjadi destinasi bagi wisata religi di Jawa Timur,” ujar Sekdaprov Adhy.

Nah, jika penasaran datang saja ke Masjid Raya Islamic Center sambil ngabuburit. (iB-3)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global