Home / Berita / News

Rabu, 1 Februari 2023 - 08:02 WIB

Marak Penyebaran Isu Penculikan Anak SD, DPRD Jatim Minta Kepolisian Tindak Tegas Pelaku

Anggota DPRD Jatim, Lilik Hendarwati ditemui di ruang kerjannya. (Foto: Kominfo Jatim)

Anggota DPRD Jatim, Lilik Hendarwati ditemui di ruang kerjannya. (Foto: Kominfo Jatim)

iBenews.id – Beredarnya pesan berantai dilingkungan wali murid di sejumlah sekolah di Jawa Timur salah satunya di Surabaya terkait penculikan anak menjadi perhatian anggota DPRD Jawa Timur Lilik Hendarwati. Maka itu pihaknya meminta kepada pihak kepolisian Daerah (Polda) Jatim menindak tegas dan menelusuri pelaku oknum pesan penculikan tersebut.

“Pesan itu meresahkan wali murid, kami minta kepolisian menelusuri pesan tersebut. Jika benar berharap untuk segera ditangkap pelakunya,”tegas Lilik Hendarwati dikonfirmasi di DPRD Jatim, Selasa (31/1/2023).

Tak hanya itu, lanjut Lilik, wali murid diharapkan mengingatkan kepada anaknya untuk tidak mudah mau jika diiming-diimingi seseorang yang dijumpa di jalan atau dibujuk untuk mengikutinya untuk menolak. “Kalau pulang sendiri sepulang sekolah sebaiknya secepatnya pulang dan jangan main dulu,”jelasnya Lilik politisi asal Fraksi PKS Jatim.

Pihaknya juga berharap, untuk setiap wali murid siswa meningkatkan kewaspadaan , dan berpesan kepada para orang tua untuk membekali anak-anaknya cara berhubungan dengan orang yang tak dikenal, tidak mudah percaya, dan terlena dengan pemberian orang yang tak dikenal.“Kewaspadaan perlu ditingkatkan namun jangan panik dan tetap tenang,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Hemanto memastikan isu penculikan anak yang di Jatim beberapa hari terakhir hoaks. Kabar yang viral di media sosial itu tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Ya, ada berita hoaks yang kita pastikan di beberapa tempat di Jatim,” kata Toni.

Kendati demikian, Toni menyatakan akan tetap melakukan upaya pencegahan terkait kemungkinan kasus penculikan terjadi di Jatim.

“Kita siapi kemungkinan apa bisa terjadi di Jatim, ada langkah pencegahan dan akan lakukan takedown berita hoaks, karena ini akan menimbulkan satu kesesatan pemberitaan dan kecemasan orang tua,” ujarnya.

Dirinya pun mengingatkan ancaman hukum kepada pihak-pihak yang sengaja menyebarkan hoaks terkait penculikan anak di Jatim. “Kita akan proses dari pemberitaan yang kita pastikan hoaks,”pungkasnya. (iB-3)

Sumber: Kominfo Jatim)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air