Home / News / Pendidikan

Kamis, 16 Maret 2023 - 07:27 WIB

Luncurkan Kapal Terbaru, Barunastra ITS Siap Berjaya Lagi di Amerika

Demonstrasi Kapal Nala Proteus milik Tim Barunastra ITS pada misi waterblast yang akan diperlombakan pada ajang International Roboboat Competition 2023 di Florida, AS (Foto: Humas ITS)

Demonstrasi Kapal Nala Proteus milik Tim Barunastra ITS pada misi waterblast yang akan diperlombakan pada ajang International Roboboat Competition 2023 di Florida, AS (Foto: Humas ITS)

iBenews.id – Tim Barunastra ITS Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap berlaga dan mengukir prestasi kembali di ajang International Roboboat Competition 2023 di Florida, Amerika Serikat. Kali ini, tim kapal robot kebanggaan ITS ini siap berkompetisi lewat kapal terbarunya, Nala Proteus, yang diluncurkan secara resmi di halaman Gedung Rektorat ITS, Selasa (14/3).

Kapal terbaru tersebut diluncurkan langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng. Tim Barunastra akan bertarung dengan tim dari kampus-kampus ternama dunia pada tanggal 22 – 28 Maret mendatang.

Dalam sambutannya, Ashari menyampaikan dukungannya kepada tim Barunastra ITS yang telah empat kali berjaya di ajang yang sama sebelumnya. “Ini adalah karya yang luar biasa dari mahasiswa ITS, saya yakin tim Barunastra ITS bisa kembali membawa gelar juara untuk kali kelima,” tandasnya optimistis.

Guna mempersiapkan lomba yang diadakan selama tujuh hari berturut-turut tersebut, tim Barunastra telah mempersiapkannya sejak akhir tahun 2022 guna memperoleh hasil maksimal. “Kami menambahkan beberapa inovasi, di antaranya pada propulsi kapal dan lambung timbul kapal,” ungkap General Manager Tim Barunastra ITS Fariz Rayyan Januar.

Rayyan, sapaan karibnya, menambahkan bahwa pada kapal sebelumnya masih terdapat kekurangan di bagian lambung timbul kapal. Tipisnya jarak antara air dan lambung kapal dapat membahayakan komponen elektrik kapal. Kapal terbaru tim Barunastra ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sebelumnya dengan memperlebar jarak air dan lambung kapal.

Selain dari segi lambung timbul kapal, perubahan kapal juga dapat dilihat dari sistem propulsinya. Sistem propulsi yang dimiliki kapal Nala Proteus ini menggunakan sistem dengan gaya dorong dan torsi yang lebih besar dibanding propulsi kapal Barunastra sebelumnya. “Dengan sistem propulsi tersebut, kapal terbaru kami dapat melaju hingga kecepatan 5 knot,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan tersebut.

Lebih lanjut, Rayyan mendeskripsikan bahwa kapal Nala Proteus memiliki panjang 0,97 meter dan lebar 0,84 meter. Kapal baru besutan tim Barunastra ini menggunakan bahan fiberglass atau kaca fiber yang sifatnya kuat. Dengan bahan tersebut, diharapkan mampu untuk menyelesaikan delapan misi pada perlombaan bergengsi tahunan ini.

Untuk menghadapi ajang internasional, tim Barunastra sudah beberapa kali melakukan percobaan dan mengoptimalkan kinerja kapal. “Dengan inovasi terbaru tim Barunastra, kami yakin bisa kembali menjadi juara dan mengharumkan nama ITS serta bangsa Indonesia,” tegas Rayyan optimistis.

Kegiatan peluncuran Nala Proteus ini dihadiri juga dihadiri beberapa jajaran pimpinan ITS, para pembina UKM Robotika ITS, serta undangan lainnya. Usai resmi diluncurkan, kapal Nala Proteus juga melakukan demo ketangkasannya di hadapan awak media di kolam depan Rektorat ITS. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Optimistis Investasi Pariwisata Akan Meningkat Seiring Melesatnya Peringkat TTDI Indonesia

HEADLINE

Presiden Pastikan Tak Ada Bansos Untuk Korban Judi Online

HEADLINE

Wamenparekraf Komodo Travel Mart Dorong Pengembangan Pariwisata di NTT

HEADLINE

Mulai dari Kopi Hingga Gula Merah Kolang, 3 Produk Lokal Labuan Bajo Diminati China

HEADLINE

43.000 Turis Kunjungi Labuan Bajo Manggarai Barat Pada Bulan Mei 2024

HEADLINE

BPOLBF Gandeng Komunitas Floratama, Perkuat Kolaborasi Industri Parekraf

HEADLINE

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Water Heater Gas

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Perkuat Protokol Keamanan Wisata Bahari Labuan Bajo