Home / Ekonomi / News

Selasa, 18 April 2023 - 06:43 WIB

Layanan Drive Thru Penukaran Uang 2023 Capai 60 Miliar

Layanan penukaran drive thru BI Jatim (Foto: Humas BI Jatim)

Layanan penukaran drive thru BI Jatim (Foto: Humas BI Jatim)

iBenews.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur resmi menutup layanan drive thru penukaran uang tahun 2023 pada Minggu (16/04/2023). Tercatat sebanyak 15.265 masyarakat Surabaya dan sekitarnya yang telah menukarkan uang melalui layanan ini.

“Sampai dengan minggu terakhir Ramadhan, BI Jatim telah melayani penukaran drive thru dengan nominal mencapai hampir 60 miliar Rupiah”, ungkap Bandoe Widiarto, Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim.

Layanan penukaran drive thru di akhir pekan, merupakan salah satu dari 3 (tiga) layanan kas yang diselenggarakan oleh BI Jatim. Inovasi layanan ini merupakan bentuk fasilitasi BI Jatim untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak sempat melakukan penukaran uang di hari kerja.

“Melalui aplikasi PINTAR, penukaran drive thru berlangsung dengan tertib, kondusif, dan efektif. Terlebih layanan ini tidak hanya mengakomodasi penukaran dengan uang tunai saja, melainkan juga bisa dengan QRIS, sehingga transaksi masyarakat lebih praktis dan terjamin keamanannya”, lanjut Bandoe.

Turut hadir dalam rangkaian penutupan layanan drive thru BI Jatim, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurniawati, yang mengapresiasi terobosan kebijakan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah dari Bank Indonesia.

“Dengan semangat membangun kedaulatan Sistem Pembayaran, baik tunai maupun non tunai, Bank Indonesia selalu hadir dengan berbagai inovasi yang tidak hanya aman, tetapi juga memudahkan dan membantu masyarakat untuk menghindari perilaku konsumtif,” jelas Indah Kurnia.

Lebih lanjut, dalam rangkaian kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023, BI Jatim juga telah melayani penukaran melalui kas keliling ziarah wali di area Makam Sunan Ampel, Surabaya (29 Maret 2023) dan Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik (6 April 2023). Selain itu, BI Jatim dengan program Peduli Mudiknya juga melaksanakan layanan penukaran di Bandara Juanda dan rest area tol Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo.

BI Jatim juga menghimbau masyarakat agar bijak berbelanja, menggunakan uang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya saat mudik karena BI Jatim telah menyiapkan pemenuhan Uang Pecahan Besar guna kebutuhan ATM perbankan yang tersebar di Jawa Timur.

Selain menyiapkan layanan tunai, Bank Indonesia juga memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal, seperti QRIS, BI-FAST, termasuk penyediaan sarana top up kartu Uang Elektronik di tol. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air