Home / Berita / LABUAN BAJO / News

Jumat, 21 Juli 2023 - 08:19 WIB

Labuan Bajo Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan AMMTC Agustus Mendatang

foto. Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menjadi lokasi pertemuan Asean Ministerial Meeting on Transnasional Crime (AMMTC) ke-17 pada Agustus mendatang.

foto. Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menjadi lokasi pertemuan Asean Ministerial Meeting on Transnasional Crime (AMMTC) ke-17 pada Agustus mendatang.

Beritalabuanbajo.com – Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, NTT siap menjadi tuan rumah pertemuan Asean Ministerial Meeting on Transnasional Crime (AMMTC) ke-17 yang akan berlangsung mulai 19-23 Agustus mendatang.

AMMTC merupakan pertemuan setingkat menteri yang khusus membahas mengenai isu-isu kejahatan lintas negara di ASEAN.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko menyatakan, tidak kurang 11 Menteri Negara Asean yang menangani kejahatan internasional ditambah 200 orang delegasi, dan tiga negara mitra dialog yaitu, Cina, Jepang dan Korea Selatan akan mengikuti pertemuan yang berlangsung di Hotel Merourah Labuan Bajo itu.

Menurut rencana, pertemuan tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Rencana awal dikonsepkan nanti pertemuan itu akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, kalau pertemuannya nanti dipimpin langsung bapak Kapolri,” jelas Kapolres Ari Satmoko di ruang kerjanya kemarin.

Sejauh ini, lanjut Ari, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, dan melakukan survei terhadap venue, baik itu lokasi pertemuan maupun spot wisata apabila akan dikunjungi para delegasi. Hal itu guna memastikan kelancaran pelaksanaan pertemuan AMMTC.

Begitupun mempersiapkan para pelaku UMKM agar terlibat dalam event itu.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, pemerintah daerah juga harus bantu, dan salah satu kegiatannya menggabungkan pawai pembangunan dan pawai AMMTC, kemudian juga melibatkan para UMKM,” ujarnya.

Menurutnya, terpilihnya Labuan Bajo sebagai lokasi pertemuan AMMTC menunjukkan bahwa Labuan Bajo layak, baik dari sisi keamanan maupun sarana dan prasarana pendukung. Ia pun meminta dukungan masyarakat Manggarai Barat untuk bersama menyukseskan event internasional itu.

“Ini menjadi stimulas agar Labuan Bajo makin dikenal di mata dunia, yang harus dipertahankan adalah branding bahwa Labuan Bajo ini aman,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ari mengatakan, terkait jumlah personel keamanan yang diterjunkan sepenuhnya akan dikendalikan oleh Polda NTT.

“Sampai sekarang kami belum dapat petunjuk berapa jumlah personel yang akan dilibatkan. Tetapi kemungkinan besar akan melibatkan personel gabungan dari beberapa polres dan BKO Polda NTT,” pungkasnya. (*red/BR)

 

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Spot Terbaik untuk Diving dan Snorkeling di Labuan Bajo, Taka Makassar

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Desa Wae Lolos Masuk Kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia, Seribu Air Terjun

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp