Home / Lifestyle / News / Pendidikan

Senin, 7 November 2022 - 23:05 WIB

KSI UK Petra Tampilkan Ragam Budaya Korea Dalam Korean Culture Night 2022

Korean Culture Night 2022 sesi kelompok B saat memainkan Janggu, alat Musik tabuh tradisional Korea (Foto: Humas UK Petra)

Korean Culture Night 2022 sesi kelompok B saat memainkan Janggu, alat Musik tabuh tradisional Korea (Foto: Humas UK Petra)

iBenews.id – Budaya Korea tetap menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan hingga kini. Selalu ada yang menarik untuk dipelajari. Karena itu King Sejong Institute (KSI) UK Petra menggelar Korean Culture Night 2022 pada Senin, 7 November 2022 jam 18.00-21.00 WIB di gedung T ruang AVT 502, kampus UK Petra.

“Puji Tuhan, Korean Culture Night kembali digelar setelah sempat vakum dikarenakan masa pandemi. Meski demikian, antusiasme peserta masih tinggi. Yang mendaftar mencapai 90 orang akan tetapi kami hanya menerima 30 orang saja.”, urai Dr. Liliek Soelistyo., M.A., selaku direktur KSI Surabaya di UK Petra.

Proyek dari KSI Foundation selama dua minggu ini terdiri dari berbagai kelas yaitu Tipografi (Hangeul), Korean Traditional wedding (hanbok), K-cooking, Janggu (alat musik tradisional Korea), dan K-Pop Dance. “Jadi kegiatan ini tujuannya memang untuk memperkenalkan budaya Korea pada masyarakat umum.”, tambah Liliek.

Kelompok A saat menampilkan K-pop Dance

Korean Culture Night yang terbuka bagi umum ini menjadi rangkaian pamungkas dari Sejong Culture Academy 2022, dengan menampilkan hasil proses pembelajarannya. Para peserta akan menampilkan permainan Janggu dan K-Pop Dance.

Para hadirin yang berjumlah sekitar 150 orang yang terdiri dari masyarat umum, siswa KSI, staff, guru dan tamu VIP ini sebelum acara dimulai, akan menikmati hidangan Korean Buffet. Ada Bulgogi, Japchae, Chicken, Tteokbokki, Gimbap, Kimchi, hingga buah-buahan.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan apik dari 30 peserta kelas Sejong Culture Academy 2022 yang telah dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A menampilkan K-Pop Dance sedangkan kelompok B menyuguhkan permainan Janggu.

Janggo (장고) atau Janggu (장구) adalah salah satu alat musik gendang, atau drum atau alat musik tabuh tradisional Korea. Bentuk alat ini seperti seperti jam pasir sehingga disebut juga dengan drum jam pasir.

Elang, Salah satu peserta saat memberikan kesana pesannya

Elang Satrian Pramono, salah satu peserta yang lulus mengungkapkan rasa bahagianya mengikuti proyek ini. “Pelajarannya sangat berkesan. Kita tidak perlu jauh-jauh ke Korea untuk merasakan budayanya. Semoga program ini tetap ada dan kuotanya ditambah.”, rinci Elang, panggilan akrabnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air