Home / Berita / News

Senin, 15 Mei 2023 - 08:57 WIB

KPU Surabaya Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kirab Pemilu 2024 di Car Free Day Darmo

Kirab Pemilu 2024 di Car Free Day Darmo (Foto: Ist)

Kirab Pemilu 2024 di Car Free Day Darmo (Foto: Ist)

iBenews.id – KPU Kota Surabaya bersama seluruh jajaran badan adhoc, PPK dan PPS menggelar sosialisasi di area car free day, sepanjang Jalan Raya Darmo, Minggu (14/05/2023) pagi. Sosialisasi dilakukan sebagai rangkaian Kirab Pemilu 2024, yang berlangsung di Kota Surabaya sejak sejak sepekan yang lalu.

Sosialisasi yang disambut antusias oleh warga kota Surabaya, terutama yang ada di arena car free day tersebut berlangsung sejak pukul 05.30 Wib diwarnai dengan berbagai metode sosialisasi. Mulai dari senam bersama, Flashmob Jingle Pemilu 2024, gelar seni budaya musik patrol dan electon, maskot Sura dan Sulu, serta cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) online.

Seluruh anggota PPK dan PPS dengan diiringi musik patrol melakukan jalan sehat sepanjang arena car free day. Sekaligus juga membagi selebaran, bahan sosialisasi kepada pejalan kaki, yang di dalamnya berisi ajakan memilih dan gambar 18 partai politik. Sambil lalu mengajak warga untuk datang ke TPS, Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Surabaya, Subairi menyatakan bahwa sosialisasi di sepanjang Car Free Day Jalan Raya Darmo merupakan rangkai kirab yang memasuki hari ke enam. Tujuannya, dalam rangka peningkatan partisipasi masyakat dalam Pemilu 2024 nanti.

Dia menilai penting menyampaikan pada publik, seluruh lapisan masyarakat Kota Surabaya bahwa Pemilu 2024 sudah didepan mata. Dari itu, sosialisasi secara masif dengan berbagai segmen perlu dilakukan.

“Salah satunya seperti yang dilaksanakan di hari minggu ini, bertepatan agenda rutin car freeday. Kami sosialisasikan Pemilu 2024, langsung kepada masyarakat secara massif,” ujarnya, Minggu (14/05/2023) pagi.

Pria yang akrab dipanggil Bairi ini menambahkan, dalam agenda sosialiasi di car free day juga melibatkan perah aktif dari masyarakat. Itu terlibat dari antusiasme masyarakat yang ikut senam bersama, bahkan sampai acara selesai yang sekaligus ada yang dapat hadiah kuis dari pihak KPU Kota Surabaya.

“Kami tidak hanya cukup sosialisasi saja, juga melakukan pendidikan pemilih. Tentunya agar menjadi pemilih cerdas dalam Pemilu 2024 nanti,” terangnya.

Perlu diketahui, dalam Kirab Pemilu 2024 ada sebanyak 18 partai politik, yang benderanya dikirab sejak 14 Februari 2023 lalu. Kebetulan, untuk Kota Surabaya masuk dalam jalur IV yang dimulai dari KPU Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Datang dan berada di Kota Surabaya sejak Selasa (12/2).

Selanjutnya, mobil Kirab Pemilu 2024 akan diserahterimakan kepada Kota Probolinggo, Selasa mendatang. Rute Kirap akan berakhir di Kantor KPU Surabaya, diperkirakan 25 November nati. Bendera partai politik yang dikirab, setibanya di kantor KPU RI. Bendera partai akan diserahkan ke masing-masing ketua partai.

Sementara itu, salah satu pengguna car freeday yang mengikuti Senam Sehat Pemilu 2024, Teguh Hadi menyatakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Surabaya perlu ditingkatkan. Sebab, masyarakat cukup terbantu dan sekaligus diingatkan kalau Pemilu 2024 sudah dekat, tinggal dalam hitungan bulan saja.

Sosialisasi dengan berbagai segmen, menurutnya juga penting. Seperti juga di pusat keramaian warga di Taman Bungkul, Pasar Tradisional dan Mall. Selain hari pemungutan suara, warga juga butuh tahu jumlah partai politik yang akan menjadi peserta di Pemilu 2024 yang akan datang.

“Setidaknya terus diingatkan, agar yang datang nyoblos ke TPS nanti banyak. Ya, salah satunya dengan memperbanyak sosialisasi,” tandasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global