Home / News / Pendidikan

Sabtu, 17 Desember 2022 - 09:11 WIB

Kolaborasi Mahasiswa FHIK UK Petra Hasilkan Pameran IDEsember Bertema White Canvas

Mahasiswa saat menjelaskan karyanya pada pengunjung

Mahasiswa saat menjelaskan karyanya pada pengunjung

iBenews.id – White Canvas, itulah tema acara dalam pameran IDEsember yang digelar selama tiga hari berturut-turut mulai 15-17 Desember 2022 di Galeri Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif (FHIK), Gedung Q2, Ruang Q.801 mulai pukul 08.00 WIB.

“Pameran ini merupakan kolaborasi dua program studi yang ada di FHIK UK Petra yaitu Visual Communication Design (VCD) dan Textile and Fashion Design UK Petra. Merupakan kolaborasi dari beragam mata kuliah yang menghasilkan karya baik berupa karya 2 Dimensi, 3 Dimensi hingga pakaian. Totalnya mencapai 120 karya yang akan dipamerkan secara atraktif”, urai Deddi Duto Hartanto, S.Sn., M.Si., selaku dosen penanggung jawab acara.

Pakaian karya para mahasiswi Textile & Fashion Design UK Petra saat dipakai grup Dandelions

Pengunjung akan menikmati beragam karya mahasiswa dari beberapa mata kuliah. Untuk VCD merupakan karya dari mata kuliah Komunikasi Ide Kreatif (KIK), Tipografi serta Prinsip dan Elemen Desain. Sedangkan untuk Textile and Fashion Design menampilkan karya dari mata kuliah Komposisi Visual.

Mata kuliah KIK ini menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 5, salah satunya pameran Gaya Desain (Design Style). Mengangkat tema potensi wisata kota Surabaya, para mahasiswa diminta menggabungkan unsur Gaya Desain tertentu dengan potensi wisata kota Surabaya.

“Jadilah karya dalam bentuk media konvesional yang unik mulai lampion kreatif, tote bag hingga poster. Yang menampilkan mulai Monumen Kapal Selam, Wisata Mangrove, Kebun Binatang Surabaya, Sentra Ikan Bulak dan lain-lain.”, tambah Deddi.

Ellara Yusea, seorang pengunjung saat melihat pameran Gaya Desain dengan Tema Sunan Ampel

Masih seputar Gaya Desain, para mahasiswa ini juga menampilkan karya unik yaitu karya Chalkboard Victorian Style. Yaitu memanfaatkan media kapur untuk menyampaikan kalimat pesan motivasi sesuai dengan kondisi masyarakat. “Terdapat kurang lebih 50 karya berbahan linen hitam dengan media kapur.”, tambah dosen VCD UK Petra itu.
Sementara itu dalam mata kuliah Tipografi serta Prinsip dan Elemen Desain akan menampilkan poster yang menunjukkan ketrampilan dan kepekaan bentuk huruf. Serta Eksplorasi secara visual dengan motif, tekstur dan sensasi (mood) Indonesia.

Sentuhan fashion dalam IDEsember tergambar dalam karya mahasiswa Textile and Fashion Design. Berkolaborasi dengan grub band Dandelions asal Surabaya, para mahasiswa ini ditantang menciptakan kostum dan aksesoris bergaya retro tahun 70an sesuai dengan karakteristik grup band tersebut.

Aksesorisnya berupa baju, celana, scarf (syal), bucket hat, vest, sepatu dan aksesoris unik lainnya menyesuaikan image dari Band Dandelions. “Grup ini akan menghibur dalam pameran sekaligus menggunakan langsung karya mahasiswa tersebut.”, tutup Deddi. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air