Home / HEADLINE / News / PARIWISATA

Senin, 3 Juli 2023 - 12:25 WIB

Kabar Gembira PELNI Operasikan Kapal Gratis ke Pulau Komodo 2 Kali Seminggu

Kapal Ganda Nusantara

Kapal Ganda Nusantara

Berita Labuan Bajo.com,- Ada kabar gembira buat anda yang akan berkunjung ke salah satu tempat wisata terbaik di dunia, Labuan Bajo. Kini buat wisatawan yang kesana sudah disiapkan kapal wisata gratis yang akan mengantar anda mengunjungi Pulau Komodo. Kapal wisata ini akan beroperasi selama dua kali dalam sepekan.

Reptil liar komodo di Taman Nasional (TN) Komodo menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hanya saja, tak semua orang bisa melihat langsung komodo di sana. Salah satu sebabnya, biaya transportasi yang relatif mahal. Wisatawan biasanya menggunakan pinisi dan speed boat untuk berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Namun, bagi wisatawan yang kesulitan biaya, tak perlu khawatir. Ada kapal gratis ke Pulau Rinca, meski tak beroperasi tiap hari. Untuk diketahui, habitat terbanyak kadal raksasa di Taman Nasional Komodo berada di Loh Buaya, Pulau Rinca dan Loh Liang, Pulau Komodo.

Mengunjungi Pulau Rinca, wisatawan bisa menumpang dengan cuma-cuma KM Gandha Nusantara 20 dari Labuan Bajo. Kapal ini dioperasikan oleh PT Pelni.

Kepala PT Pelni Cabang Labuan Bajo Fitriyaningsih mengatakan kapal ini beroperasi dua kali sepekan. “Sabtu sama Senin saja,” ujar Fitri, Senin (26/6/2023).

Tiap kali beroperasi, kapal itu berlayar dua kali pergi pulang. Berangkat pukul 04.00 Wita dan pulang pukul 07.00 Wita. Kapal itu kembali berangkat pada pukul 13.00 Wita dan pulang pukul 16.00 Wita.

Fitri mengatakan KM Gandha Nusantara 20 memiliki kapasitas 66 orang. “Untuk kursi di ruang penumpang 56 orang dan yang di belakang anjungan ada 10 orang,” ujar Fitri.

Dia tak bisa mengungkapkan alasan PT Pelni mengoperasikan kapal gratis itu ke Pulau Rinca. Keputusan itu ada di tangan pemerintah. Pihaknya hanya sebagai operator.

“Kalau ini karena kami mendapat penugasan dari pemerintah, kami hanya sebagai operator saja,” tandas Fitri. (lab)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Aksi Anjani Trip HIPMI Manggarai Barat dan Pandawara Grup Bersihkan Sampah di Labuan Bajo

HEADLINE

Pokdarwis Desa Wae Lolos Diberi Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi Wisata

Nasional

Kemenparekraf Dukung Fordeswita 2024 Perkuat Pengembangan Wisata Olahraga di Desa Wisata

HEADLINE

Kemenparekraf Apresiasi Penyelenggaraan ITLS Awards 2024 di Bali

HEADLINE

Imigrasi Labuan Bajo Perketat Pengawasan Orang Asing, Kunjungan Wisman Meningkat

HEADLINE

POM Ajak Masyarakat Manggarai Barat Cerdas Pilih Obat dan Makanan

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Binus University dan Poltek eLBajo Commodus Kolaborasi Berdayakan UMKM Labuan Bajo