Home / Ekonomi / News

Senin, 22 Mei 2023 - 11:08 WIB

KAI Daop 8 Surabaya Hadirkan 2 KA Jarak jauh Rute Baru

Suasana stasiun KA di Daop 8 Surabaya (Foto: Humas Daop 8)

Suasana stasiun KA di Daop 8 Surabaya (Foto: Humas Daop 8)

iBenews.id – Saat diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023 nanti, KAI Daop 8 Surabaya akan menghadirkan 2 KA jarak jauh baru yang sebelumnya tidak ada di Gapeka 2021. Dua KA tersebut yaitu : KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir (PP) dan KA Pandalungan relasi Jember – Surabaya – Gambir (PP).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan bahwa untuk kelas pelayanannya, KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta eksekutif dengan jam keberangkatan pukul 09.05 wib dari Stasiun Surabaya Gubeng, datang di Stasiun Gambir pukul 19.40 wib dan beroperasi setiap hari. Sedang KA Pandalungan, pada tahap awal akan beroperasi pada akhir pekan, jadwal dari Surabaya Pasarturi tujuan Gambir dengan jam keberangkatan pukul 19.05 wib dan dari Surabaya Pasarturi tujuan Jember dengan jam keberangkatan pukul 06.48 wib.

KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 450 penumpang. Sedang KA Pandalungan terdiri dari 8 kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 400 penumpang. “Pengoperasian 2 KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” tambahnya.

Pengoperasian KA Argo Semeru dan KA Pandalungan merupakan KA jarak jauh terbaru yang beroperasi pada Gapeka 2023. KA Argo Semeru menawarkan alternatif perjalanan KA kelas eksekutif Surabaya Gubeng – Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari, dengan waktu tempuh 10 jam 35 menit. Sedang KA Pandalungan, dengan relasi Jember – Surabaya – Gambir menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh.

Untuk semakin menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Semeru seharga Rp250.000,- dan KA Pandalungan seharga Rp300.000,. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023. Masyarakat dapat memiliki tiket promo tersebut dengan melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access maupun mitra resmi KAI lainnya mulai H-30.

“Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tutup Luqman Arif. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global