Home / Berita / News

Kamis, 23 Maret 2023 - 13:38 WIB

John Thamrun: Penyelesaian Masalah ILP Kunci Revitalisasi Pasar Tunjungan

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, John Thamrun (Foto: Christiana Beatrix)

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, John Thamrun (Foto: Christiana Beatrix)

iBenews.id – Legislator PDI Perjuangan Kota Surabaya, John Thamrun menilai kunci revitalisasi Pasar Tunjungan Surabaya adalah menyelesaikan persoalan Iuran Layanan Pasar (ILP).

Seperti diketahui, sempat terjadi adu argumentasi terkait ILP ketika Komisi B DPRD Kota Surabaya melakukan pertemuan dengan perwakilan Perkumpulan Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) yang keberatan soal ILP, di Pasar Tunjungan beberapa waktu lalu.

“Pemkot Surabaya seharusnya memberikan keringanan membayar terhadap besarannya ILP, jelasnya.

Begitu problem ILP selesai, kata John Thamrun, maka Pemkot Surabaya memerintahkan PD Pasar Surya berkewajiban melakukan revitalisasi Pasar Tunjungan, hal ini juga berdasarkan keputusan ombudsman.

“ Ini solusi terbaik sebelum Pemkot Surabaya melakukan revitalisasi Pasar Tunjungan,” ujar John Thamrun di Surabaya, Senin (20/03/2023).

Ia menerangkan, problem Pasar Tunjungan harus dipetakan dengan cara yang benar, bahwa persoalan ini terjadi karena Pemkot Surabaya merasa punyak hak, lalu pedagang juga merasa punya hak.

Namun, jelas anggota Komisi B ini, kedua belah pihak yang merasa memiliki hak tersebut harus mengikuti peraturan didalam Perda maupun Perwali.

Salah satunya, tambah John Thamrun, soal ILP dimana problem ILP ini harus diselesaikan dahulu oleh pedagang dengan difasilitasi oleh kebijakan Pemkot Surabaya.

“ Kita tahu Pemkot Surabaya sedang membangkitkan ekonomi di kawasan segitiga emas Tunjungan, termasuk revitalisasi Pasar Tunjungan. Tapi problem ILP harus di selesaikan dahulu,” ungkap anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya ini.

John Thamrun kembali mengatakan, beban pedagang soal iuran layanan pasar harus diringankan, sehingga pemilik stand di Pasar Tunjungan bisa menyewakan kepada siapapun yang ingin berdagang di Pasar Tunjungan, dalam rangka kebangkitan ekonomi.

John Thamrun juga menambahkan, ada tiga hal dalam kebangkitan ekonomi di kawasan segi tiga emas yaitu, revitalisasi Pasar Tunjungan, meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Surabaya, serta mendukung usaha UMKM.

“ Tiga hal tersebut jika dijalankan, kawasan segitiga emas Surabaya kembali hidup dan menjadi sentra ekonomi di Kota Pahlawan ini,” pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo