Home / Berita / News

Kamis, 23 Maret 2023 - 13:38 WIB

John Thamrun: Penyelesaian Masalah ILP Kunci Revitalisasi Pasar Tunjungan

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, John Thamrun (Foto: Christiana Beatrix)

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, John Thamrun (Foto: Christiana Beatrix)

iBenews.id – Legislator PDI Perjuangan Kota Surabaya, John Thamrun menilai kunci revitalisasi Pasar Tunjungan Surabaya adalah menyelesaikan persoalan Iuran Layanan Pasar (ILP).

Seperti diketahui, sempat terjadi adu argumentasi terkait ILP ketika Komisi B DPRD Kota Surabaya melakukan pertemuan dengan perwakilan Perkumpulan Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) yang keberatan soal ILP, di Pasar Tunjungan beberapa waktu lalu.

“Pemkot Surabaya seharusnya memberikan keringanan membayar terhadap besarannya ILP, jelasnya.

Begitu problem ILP selesai, kata John Thamrun, maka Pemkot Surabaya memerintahkan PD Pasar Surya berkewajiban melakukan revitalisasi Pasar Tunjungan, hal ini juga berdasarkan keputusan ombudsman.

“ Ini solusi terbaik sebelum Pemkot Surabaya melakukan revitalisasi Pasar Tunjungan,” ujar John Thamrun di Surabaya, Senin (20/03/2023).

Ia menerangkan, problem Pasar Tunjungan harus dipetakan dengan cara yang benar, bahwa persoalan ini terjadi karena Pemkot Surabaya merasa punyak hak, lalu pedagang juga merasa punya hak.

Namun, jelas anggota Komisi B ini, kedua belah pihak yang merasa memiliki hak tersebut harus mengikuti peraturan didalam Perda maupun Perwali.

Salah satunya, tambah John Thamrun, soal ILP dimana problem ILP ini harus diselesaikan dahulu oleh pedagang dengan difasilitasi oleh kebijakan Pemkot Surabaya.

“ Kita tahu Pemkot Surabaya sedang membangkitkan ekonomi di kawasan segitiga emas Tunjungan, termasuk revitalisasi Pasar Tunjungan. Tapi problem ILP harus di selesaikan dahulu,” ungkap anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya ini.

John Thamrun kembali mengatakan, beban pedagang soal iuran layanan pasar harus diringankan, sehingga pemilik stand di Pasar Tunjungan bisa menyewakan kepada siapapun yang ingin berdagang di Pasar Tunjungan, dalam rangka kebangkitan ekonomi.

John Thamrun juga menambahkan, ada tiga hal dalam kebangkitan ekonomi di kawasan segi tiga emas yaitu, revitalisasi Pasar Tunjungan, meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Surabaya, serta mendukung usaha UMKM.

“ Tiga hal tersebut jika dijalankan, kawasan segitiga emas Surabaya kembali hidup dan menjadi sentra ekonomi di Kota Pahlawan ini,” pungkasnya. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Presiden Pastikan Tak Ada Bansos Untuk Korban Judi Online

HEADLINE

Wamenparekraf Komodo Travel Mart Dorong Pengembangan Pariwisata di NTT

HEADLINE

Mulai dari Kopi Hingga Gula Merah Kolang, 3 Produk Lokal Labuan Bajo Diminati China

HEADLINE

43.000 Turis Kunjungi Labuan Bajo Manggarai Barat Pada Bulan Mei 2024

HEADLINE

BPOLBF Gandeng Komunitas Floratama, Perkuat Kolaborasi Industri Parekraf

HEADLINE

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Water Heater Gas

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Perkuat Protokol Keamanan Wisata Bahari Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024