Home / Ekonomi / News

Rabu, 19 April 2023 - 00:50 WIB

Jasa Marga Ajak Mudik Lebih Seru dengan Aplikasi Travoy Versi Baru: Push Notification Event Lalu Lintas, Chat Us, GetPay hingga Resi Digital

Aplikasi Travoy Versi Baru (Foto: Jasa Marga )

Aplikasi Travoy Versi Baru (Foto: Jasa Marga )

iBenews.id – Sebagai bentuk peningkatan pelayanan berbasis teknologi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk konsisten mengembangkan Aplikasi Travoy, asisten digital perjalanan dengan sejumlah fitur unggulan yang terintegrasi dari Jasa Marga Tollroad Command Center dan dapat diakses oleh masyarakat. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, jelang arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Aplikasi Travoy siap melengkapi aplikasi navigasi yang kerap digunakan oleh masyarakat seperti Google Maps dan Waze.

“Keunggulan Aplikasi Travoy versi baru akan membantu pengguna jalan dalam menyiapkan perjalanan dengan lebih baik lagi. Sejumlah fitur baru yang dikembangkan di antaranya yaitu fitur Event Lalu Lintas yang telah dilengkapi dengan Push Notification untuk memberikan informasi update informasi lalu lintas jalan tol secara otomatis tanpa harus membuka aplikasi Travoy terlebih dahulu. Sebagai peningkatan dari fitur sebelumnya, Travoy kali ini memberikan kemudahan untuk dapat mengakses CCTV melalui halaman depan aplikasi,” ujar Lisye.

Fitur baru lainnya, yaitu fitur Chat Us. Dengan fitur ini, pengguna jalan akan diarahkan ke layanan pesan WhatsApp berbasis Artificial Intelligence (AI) yang terintegrasi dengan Jasa Marga Integrated Digitalmap (JID). Lisye menambahkan, untuk kebutuhan darurat, pengguna jalan memiliki pilihan untuk terhubung dengan Live Agent Call Center 14080.

“Jasa Marga juga mendorong pengguna jalan untuk menggunakan fitur Resi/Struk Digital. Pengguna jalan dapat melihat riwayat transaksi tol selama tujuh hari ke belakang serta mencetaknya dalam bentuk digital yang berlaku sebagaimana resi/struk fisik di gerbang tol. Cukup masukkan nomor e-toll yang digunakan untuk dapat menggunakan fitur ini,” tambahnya.

Lisye juga menambahkan, Jasa Marga mulai memperkenalkan GetPay yang merupakan ekosistem pembayaran digital. Di versi Travoy kali ini, GetPay melalui fitur Multibiller dapat digunakan untuk pembelian pulsa & paket data, pembayaran tagihan telepon pascabayar hingga melakukan pengisian ulang saldo e-wallet/uang elektronik. Ke depannya, Lisye menjelaskan, GetPay akan segera bisa digunakan untuk pembayaran multipayment lainnya seperti saldo e-toll, token listrik, asuransi, hingga pembayaran streaming berbasis layanan, selain itu juga dapat mengakomodir pembayaran tenant di rest area dan pembayaran derek online sebagai layanan terintegrasi di jalan tol.

Masih banyak fitur menarik lainnya yang menjadi favorit pengguna jalan dan bisa digunakan untuk mewujudkan perjalanan mudik aman berkesan, di antaranya yaitu:
1. CCTV Real Time. Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.900 lebih CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.
2. Rest Area. Menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi yang terdekat dengan pengguna jalan, fasilitas dan tenant di rest area, hingga kapasitas parkir yang tersedia.
3. Tarif Tol. Membantu pengguna jalan untuk mengetahui informasi besaran tarif tol yang dibutuhkan selama perjalanan berdasarkan golongan kendaraan dan gerbang tol asal dan tujuan.
4. Informasi Lalu Lintas Terkini. Menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.

“Kami memahami kebutuhan pengguna jalan untuk mendapatkan informasi lalu lintas yang sangat dinamis sehingga dapat menentukan rute perjalanan dengan baik. Walaupun sebelumnya telah ditentukan sejumlah jadwal untuk rekayasa lalu lintas, kami berharap pengguna jalan dapat mengunduh Aplikasi Travoy yang diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga dapat mengantisipasi perjalanan dengan kondisi terkini,” ujar Lisye. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global

HEADLINE

Menteri Kelautan berharap Elon Musk beri internet murah ke nelayan

HEADLINE

Jokowi akan membuka KTT World Water Forum pagi ini, Dihadiri Elon Musk

MANGGARAI BARAT

BPBD Pemkab Manggarai NTT Antisipasi Potensi Bencana Dampak El Nino