Home / Nasional / News

Selasa, 7 Juni 2022 - 09:00 WIB

Jamaah Calon Haji diimbau Taat Prokes Kendati Angka Penularan Rendah

Ilustrasi Jamaah Calon Haji (Foto: AFP)

Ilustrasi Jamaah Calon Haji (Foto: AFP)

iBenews.id – Kementerian Agama mengimbau kepada jamaah calon haji baik yang telah maupun akan berangkat ke Tanah Suci untuk tetap taat protokol kesehatan kendati angka penularan COVID-19 saat ini tergolong rendah.

“Kami sangat berharap seluruh jamaah, baik yang telah berangkat dan yang akan berangkat, serta masyarakat pada umumnya, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara baik,” ujar Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag Akhmad Fauzin dalam konferensi pers penyelenggaraan haji di Jakarta, Senin.

Akhmad mengatakan keberangkatan jamaah haji mensyaratkan hasil tes PCR negatif yang dilakukan paling lambat 72 jam sebelum keberangkatan. Jamaah yang hasil tes PCR-nya positif akan tertunda keberangkatannya untuk proses isolasi hingga negatif.

Pada pemberangkatan perdana pada Sabtu, terdapat tiga calon haji yang terpaksa tertunda terbang ke Arab Saudi. Mereka dinyatakan positif COVID-19 melalui tes PCR dengan rincian; dua di embarkasi Jakarta dan satu embarkasi Surabaya.

Mereka harus menjalani isolasi selama lima hari dan pada hari keempat dilakukan tes PCR. Apabila negatif COVID-19 mereka akan berangkat sesuai jadwal yang nantinya akan ditentukan oleh Kementerian Agama.

Khusus bagi jamaah calon haji yang telah tiba di Saudi, Kemenag menambahkan untuk perbanyak minum air mineral serta jangan menunggu haus, imbas cuaca yang panas.

“Pesan kami bagi jamaah, tetap istirahat yang cukup, minum air putih sebelum haus, memakai masker ketika berkumpul di ruangan dan istirahat yang cukup,” kata dia.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji saat ini memasuki hari ke-3 fase pemberangkatan jamaah. Total ada 5.920 jamaah dan petugas yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka tergabung dalam 15 kelompok terbang (kloter).

“Sementara hari ini ada 2.046 jamaah dan petugas yang akan diberangkatkan ke Madinah. Mereka tergabung dalam lima kloter dan akan berangkat dari empat embarkasi,” kata dia. (iB-3)

Sumber: Antara

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Optimistis Investasi Pariwisata Akan Meningkat Seiring Melesatnya Peringkat TTDI Indonesia

HEADLINE

Presiden Pastikan Tak Ada Bansos Untuk Korban Judi Online

HEADLINE

Wamenparekraf Komodo Travel Mart Dorong Pengembangan Pariwisata di NTT

HEADLINE

Mulai dari Kopi Hingga Gula Merah Kolang, 3 Produk Lokal Labuan Bajo Diminati China

HEADLINE

43.000 Turis Kunjungi Labuan Bajo Manggarai Barat Pada Bulan Mei 2024

HEADLINE

BPOLBF Gandeng Komunitas Floratama, Perkuat Kolaborasi Industri Parekraf

HEADLINE

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Water Heater Gas

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Perkuat Protokol Keamanan Wisata Bahari Labuan Bajo