Home / News / Pendidikan

Kamis, 23 Februari 2023 - 10:07 WIB

ITS Gandeng Panasonic dalam Pemasangan PJU Hemat Energi

Diskusi ITS dengan PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia dipimpin oleh Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD (tengah) dan Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD (kanan) (Foto: Humas ITS)

Diskusi ITS dengan PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia dipimpin oleh Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD (tengah) dan Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD (kanan) (Foto: Humas ITS)

iBenews.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus bertekad menerapkan teknologi di bidang energi ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan melalui kerja sama yang telah dilakukan ITS dengan PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing, di antaranya dalam hal pemasangan serta pengembangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan kampus ITS yang menggunakan lampu light-emitting diode (LED).

Melalui kunjungannya ke kampus ITS, Senin (20/2), rombongan dari PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing bermaksud untuk menyampaikan progres dan meninjau secara langsung proses pemasangan lampu PJU di area kampus ITS. “Hal ini dilakukan ITS dan Panasonic sebagai salah satu upaya bentuk penghematan energi agar mampu mengurangi penggunaan daya dan mengurangi pengeluaran biaya listrik,” jelas Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD.

Menurut dosen yang biasa disapa Hatta ini, untuk pemasangan PJU ini dilakukan pergantian dari lampu konvensional menjadi lampu LED. Dosen Departemen Teknik Fisika ini menerangkan, nantinya lampu LED tersebut dilengkapi dengan smart system, yakni sebuah sistem monitoring untuk memantau secara langsung kondisi lampu. “Bersama dengan Panasonic, kami ingin lampu LED ini ada fitur smart system,” ujarnya.

Sejalan dengan Hatta, Direktur PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia Lukman Widarmanto mengungkapkan bahwa fitur tersebut sangat dibutuhkan untuk memberikan data aktual terkait penggunaan energi oleh lampu. Melalui sistem tersebut, nantinya bisa mengetahui daya yang dibutuhkan serta biaya yang dikeluarkan untuk operasional PJU ini. “Harapannya, kita dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk PJU,” tegas Lukman.

Hatta pun mengungkapkan, pemasangan PJU dengan lampu LED ini sudah dilakukan ITS sejak tahun 2022, namun baru di kawasan Taman Alumni ITS. Meskipun dilakukan secara bertahap, penggantian PJU dengan lampu LED di seluruh Kawasan kampus ITS ditargetkan bisa selesai pada tahun ini. “Harapannya, dengan adanya penggantian PJU konvensional menjadi lampu LED ini mampu berkontribusi dalam penghematan energi pada skala kampus,” tutupnya.

Pada pertemuan yang dihelat di Ruang Sidang Gedung Rektorat ITS tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bambang Pramujati ST MScEng PhD yang membawahi bidang riset, inovasi, kerja sama, dan kealumnian ITS. Tidak hanya itu, hadir juga Heru Santoso selaku Wakil Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air