Home / LABUAN BAJO / News

Rabu, 11 Oktober 2023 - 11:50 WIB

IFG Gelar Workshop untuk Wartawan Labuan Bajo

Indonesia Financial Group (IFG) gelar workshop bersama wartawan Labuan Bajo (dok foto.Gecio)

Indonesia Financial Group (IFG) gelar workshop bersama wartawan Labuan Bajo (dok foto.Gecio)

BERITA LABUAN BAJO | LABUAN BAJO – Indonesia Financial Group (IFG) menggelar workshop untuk wartawan Labuan Bajo terkait penguatan standar kompetensi wartawan (SKW) yang ditetapkan oleh Dewan Pers. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali para wartawan yang akan mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW).

Workshop pembekalan tersebut berlangsung pada Sabtu kemarin (7/10/2023) menghadirkan narasumber tenaga ahli dari Dewan Pers, Marah Sakti Siregar.

Pembekalan yang merupakan rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 tersebut diikuti oleh 15 wartawan dari Labuan Bajo. Selain menyelenggarakan workshop bekerja sama dengan Dewan Pers dan Indonesia Muda Road Runner (IMRR), IFG juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan ringan bagi para wartawan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Sekretaris Perusahaan IFG sekaligus Ketua Pelaksana IFG Labuan Bajo Marathon 2023 Oktarina Dwidya Sistha menjelaskan, penyelenggaraan workshop bagi wartawan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, hal ini merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial IFG sebagai BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi dalam berkontribusi dalam memperkuat kapabilitas dan kompetensi insan pers.

“Insan Pers atau jurnalis adalah salah satu mitra strategis IFG dan anggota holding, maka diperlukan kolaborasi bersama dalam membangun profesionalisme jurnalisme. Diharapkan dengan kegiatan ini insan pers di Labuan Bajo dapat terus berkontribusi dalam menyajikan informasi yang baik bagi masyarakat,” ujar Sistha.

Untuk menuju perhelatan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 pada 4 November 2023 mendatang di area Waterfront, Labuan Bajo, IFG akan melakukan beberapa kegiatan pre-event yang berdampak langsung melalui aksi peduli lingkungan hidup dan kesehatan tambah Sistha.

Marah Sakti Siregar sebagai pemateri pada workshop dan sekaligus tenaga ahli Dewan Pers menyambut baik kegiatan workshop ini untuk memperkuat kapabilitas dan kompetensi jurnalis di kawasan Timur Indonesia.

“Ini merupakan sebuah kolaborasi yang baik antara IFG dan insan pers di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Diharapkan workshop ini dapat menjadi langkah awal kolaborasi penguatan kompetensi insan pers di Labuan Bajo” kata Marah Sakti Siregar.

Race Director IMRR Satrio Guardian berharap, penyelenggaraan workshop dapat memberikan manfaat bagi para peserta, tidak saja agar bisa melalui UKW, tetapi juga para wartawan dapat melaksanakan tugas jurnalistik sehari-hari sesuai SKW yang ditetapkan Dewan Pers.

”Kami yakin acara ini akan menjadi tonggak penting dalam pengembangan kompetensi wartawan di Labuan Bajo. Dengan dukungan dari IFG dan Dewan Pers, kami optimis acara ini akan memberikan manfaat besar bagi peserta,” ujar Satrio.

Acara ini memberikan kesempatan bagi para wartawan untuk menggali lebih dalam SKW dalam lingkungan yang interaktif dan mendukung. Tentunya workshop ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas wartawan lokal untuk mendukung perkembangan media yang profesional dan akuntabel di Labuan Bajo. Dengan demikian, workshop ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kemajuan industri media di kawasan ini.

Hal ini sejalan dengan inisiatif IFG dalam mengembangkan perekonomian dan pariwisata di Labuan Bajo melalui penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 pada 4 November 2023 mendatang di Waterfront City Labuan Bajo. Sebagai kegiatan tahunan, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 ditargetkan dapat menggaet partisipasi 1.500 pelari dari berbagai daerah, termasuk para pelari dari luar negeri sebagaimana pada penyelenggaraan tahun 2022. (*red/GC)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

KSOP Labuan Bajo Segera Terapkan E-Ticketing untuk Kapal Wisata, Uji Coba Sementara

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Edi-Weng Terima SK dari PKB Mabar, Pilkada Manggarai Barat 2024

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia