Home / Entertainment / Music / News

Sabtu, 4 Maret 2023 - 17:45 WIB

”Gelora Indonesia Raya” Warnai Hari Musik Nasional 9 Maret Mendatang

Ilustrasi

Ilustrasi

iBenews.id – Musik adalah sebuah karya yang disukai oleh hampir semua orang. Alasan mengapa orang-orang sering memutar musik satu diantaranya karena manfaat dan fungsinya yang membuat perasaan pendengarnya senang.

Musik merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Tanggal 9 Maret pun ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional sebagai wujud apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia.

Adapun Hari Musik Nasional dengan WR Supratman tidak dapat terlepaskan. Hal ini karena jasanya, hingga kini Hari Musik Nasional masih diperingati oleh masyarakat Indonesia.

Menurut penjelasan yang dikutip dari laman Kemendikbud.go.id, sosok Wage Rudolf Supratman atau yang lebih dikenal dengan WR Supratman adalah inspirasi yang menjadi dasar penetapan Hari Musik Nasional

Menurut catatan, WR Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903. Namun, berdasarkan penelusuran sejarah, WR Supratman ternyata lahir pada tanggal 19 Maret 1903. Akan tetapi, penetapan 9 Maret sebagai hari lahir WR Supratman dilakukan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29 Maret 2007 yang telah disetujui oleh pihak keluarga mendiang.

Hari Musik Nasional khususnya di Kota Surabaya rutin setiap tahunnya menggelar kegiatan ziarah ke makam WR Supratman di Jalan Kenjeran Surabaya, Jawa Timur. Di tahun 2023 tepatnya pada 9 Maret mendatang kegiatan ziarah kembali akan dilakukan. Namun ada yang berbeda dengan kegiatan ziarah kali ini.

Heri Lentho, adalah seniman Surabaya yang setiap tahun mengkoordinir kegiatan ziarah di makam WR Supratman saat memperingati Hari Musik Nasional. Kali ini ia mengajak warga Surabaya dan seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Musik Nasional dengan menggelorakan Indonesia Raya 3 stanza.

”Lirik-lirik stanza 1 sampai 3 luar biasa. Di situ ada rasa persatuan, doa, impian dan rasa syukur, “ungkapnya saat di temui di Taman Budaya Gentengkali Surabaya, Kamis (02/03/2023).

Kegiatan ziarah dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya kata Heri, akan dilakukan serentak oleh warga Surabaya, Jawa Timur sampai seluruh nusantara dipusatkan di makam WR Supratman pada 9 Maret 2023 pukul 09.00 Wib.

“Nanti ada siaran live streamingnya. Selain itu juga bakal ada gerakan bersama dan serentak untuk upload video menyanykan Indonesia Raya bersama keluarga atau komunitas masing-masing dengan hastag #harimusiknasional #harmunas2023 #geloraindonesiaraya #budayasaya, “imbuhnya.

Lebih lanjut Heri Lentho mengatakan bahwa selain aksi Gelora Indonesia Raya, nantinya di hari yang sama juga akan ada Diskusi Musik “Membangun Bangsa” bersama budayawan, musisi, kritikus musik dan pengamat sosial di Lobby Gedung Cak Durasim Surabaya mulai pukul 10. Wib.

Parade Musik Anak dan Disabilitas di Gedung Cak Durasim mulai pukul 15.00 Wib serta malam puncak perayaan Hari Musik Nasional 2023 dalam bentuk Drama Musik Bangunlah Jiwanya di Gedung Cak Durasim Surabaya pada pukul 19.00 Wib serta pemutaran film “WAGE” pukul 20.30 WIB Gedung Durasim Surabaya.

“Point penting Hari Musik Nasional tahun ini adalah sebuah perenungan bagi orang musik bahwa membangun mental positif itu harus digugah. Ada sebuah titik untuk melihat seperti apa partisipasi para musisi dan seniman terhadap upaya ,membangun mental bangsa, “pungkasnya. (iB-4)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf Optimistis Investasi Pariwisata Akan Meningkat Seiring Melesatnya Peringkat TTDI Indonesia

HEADLINE

Presiden Pastikan Tak Ada Bansos Untuk Korban Judi Online

HEADLINE

Wamenparekraf Komodo Travel Mart Dorong Pengembangan Pariwisata di NTT

HEADLINE

Mulai dari Kopi Hingga Gula Merah Kolang, 3 Produk Lokal Labuan Bajo Diminati China

HEADLINE

43.000 Turis Kunjungi Labuan Bajo Manggarai Barat Pada Bulan Mei 2024

HEADLINE

BPOLBF Gandeng Komunitas Floratama, Perkuat Kolaborasi Industri Parekraf

HEADLINE

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Water Heater Gas