Home / News

Senin, 6 November 2023 - 11:40 WIB

Ekspor Perdana hasil laut Labuan Bajo, Ikan 483 Kg di ekspor ke Singapura

Ekspor perdana ikan Labuan Bajo ke singapore,Dok foto.Berto

Ekspor perdana ikan Labuan Bajo ke singapore,Dok foto.Berto

LABUAN BAJO – Sebanyak 483 kilogram (Kg) ikan berbagai jenis hasil komoditi kelautan dan perikanan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) diekspor ke Singapura dan Malaysia, melalui Bandara Komodo, Senin 6 November 2023.

Adapun rincian jumlah ikan yang diekspor ke Malaysia yakni, 35 kg ikan tenggiri, 78 kg ikan kakap merah dan kerapu.

Sementara yang diekspor ke Singapura, 254 kg ikan tenggiri, dan 116 kg ikan kerapu, total seluruhnya 483 kilogram.

Kepala SKIPM Bima Jonison Petrus mengatakan, ini merupakan ekspor perdana hasil perikanan hidup di tahun ini. Ikan yang dikirim ini nilainya mencapai Rp 70 juta.

“Ini baru pertama, dan jika ini (ekspor) dilakukan setiap minggu, kita bisa lihat perputaran uang yang keluar dari Labuan Bajo bisa mencapai miliaran, ekspor bukan hari ini saja, besok juga ada dan semoga bisa berjalan setiap minggu,” ujarnya, usai acara pelepas di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Diketahui, ekspor perdana ini diinisiasi CV Labuan Bajo Fishery. Jonison pun mendorong para pelaku usaha lain di Labuan Bajo turut menjadi eksportir, dengan memanfaatkan potensi kekayaan sumber daya alam di sektor kelautan dan perikanan.

Menurut dia, ini peluang besar yang harus dimanfaatkan baik oleh para pelaku usaha dalam mengembangkan potensi hasil laut Labuan Bajo salah satunya dengan melakukan ekspor komoditi hasil kelautan dan perikanan. Pasalnya selama ini komoditas hasil kelautan dan perikanan Labuan Bajo hanya dilalulintaskan lingkup domestik.

“Ini momen awal bagi para pelaku usaha ekspor untuk mencatatkan nama Labuan Bajo dalam pasar ekspor mancanegara, bukan hanya di Asean tetapi juga wilayah Eropa dan Amerika,” ucapnya, sesuai yang di lansir tribunflores.com (6/11/23).

Jonison menyebut, seluruh ikan yang diekspor telah melalui uji sistem jaminan mutu prodak kelautan dan perikanan, seluruhnya dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Wengi menyambut gembira ekspor perdana ikan ke Singapura dan Malaysia. Dia bangga karena Labuan Bajo tidak hanya dikenal sebagai daerah pariwisata, tetapi juga bisa melakukan ekspor hasil laut.

“Ini hal yang sangat menggembirakan bagi seluruh masyarakat Manggarai Barat. Pemerintah menyampaikan terima kasih ke berbagai yang telah membantu sehingga ekspor perdana hari ini bisa terlaksana,” kata Weng. (*red)

 

 

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo