Home / News / Pendidikan

Kamis, 10 November 2022 - 23:46 WIB

Dies Natalis ke-62, ITS Resmikan Prasasti Dana Abadi dan Salurkan Beasiswa

Peresmian Prasasti Dana Abadi ITS secara simbolis oleh para pimpinan ITS dan jajarannya (Foto: Humas ITS)

Peresmian Prasasti Dana Abadi ITS secara simbolis oleh para pimpinan ITS dan jajarannya (Foto: Humas ITS)

iBenews.id – Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-62, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meresmikan Prasasti Dana Abadi ITS yang bertempat di Gedung Rektorat ITS, Kamis (10/11), sesuai Upacara Hari Pahlawan. Pada kesempatan tersebut, ITS juga memberikan beasiswa kepada 62 mahasiswanya yang berasal dari pemanfaatan hasil Dana Abadi (Endowment Fund) ITS tersebut.

Program Prasasti Dana Abadi ITS merupakan salah satu bentuk kegiatan penggalangan dana untuk penguatan dana abadi. Sesuai namanya, dana tersebut bersifat abadi dan hasil pengelolaannya dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya berupa pemberian beasiswa. Pemberian beasiswa ini berupa bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD menyampaikan bahwa pada peresmian ini telah terpasang 90 nama dalam Prasasti Dana Abadi ITS. Terdiri dari 63 prasasti personal, 12 prasasti korporat, dan 15 prasasti komunitas. Total donasi yang terkumpul dari program Prasasti Dana Abadi ITS sejumlah Rp 6 miliar. Sedangkan, akumulasi donasi Dana Abadi ITS mencapai Rp 58 miliar dan dana hasil pengembangannya sejumlah Rp 3 miliar.

Menurut Bambang, pemanfaatan hasil pengelolaan dana abadi yang disalurkan untuk beasiswa pada Dies Natalis ke-62 ini sejumlah Rp 204 juta. Dana tersebut berasal dari alumni ITS, masyarakat, orang tua mahasiswa, perusahaan, maupun pihak lainnya. “Dengan peresmian prasasti ini, kami berharap adanya kontribusi dari berbagai pihak untuk ikut dalam Program Prasasti Dana Abadi ITS,” tutur dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA menyampaikan bahwa dari prasasti ini dapat menjadi simbol keabadian amal jariyah, yang pahalanya akan terus mengalir. Energi dan uang yang dikeluarkan untuk dana abadi tidak hanya diniatkan untuk dunia, tapi juga akhirat. “Pengelolaan dana abadi sama dengan pengelolaan wakaf, sehingga kita dapat passive income dalam menyiapkan kehidupan di akhirat nanti,” tegasnya mengingatkan.

Lanjutnya, ITS berkomitmen untuk menyisihkan anggaran internal setidaknya Rp 20 miliar per tahun untuk Dana Abadi ITS. Hal itu telah direalisasikan dari tahun 2021 dan diakadkan sebagai wakaf bagi seluruh keluarga besar ITS. “Marilah kita bersama-sama berniat untuk menjadi bagian dari golongan orang yang mendapat keberkahan berwakaf,” pungkasnya memotivasi.

Setelah peresmian, kegiatan penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis oleh tiga mahasiswa perwakilan dari 62 mahasiswa penerima beasiswa tersebut. Antara lain Intan Yulia Putri Perindasari dari Departemen Fisika, Ajeng Almira Tarisha Asri dari Departemen Teknik Kimia, dan Mochammad Aquila Azahari dari Departemen Matematika. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf: Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Akan Terealisasi di Kuartal IV 2024

HEADLINE

Kemenparekraf-Basarnas Evaluasi Protokol Keamanan dan Keselamatan di DPSP Labuan Bajo

HEADLINE

Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 di Labuan Bajo

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air