Home / Ekonomi / News

Rabu, 21 September 2022 - 08:15 WIB

Buka Festival Industri Halal, Gubernur Khofifah Ingin Akses Pasar Produk Halal Diperluas

Gubernur Khofifah saat meninjau produk yang dipamerkan dalam East Java Halal Agro Industry Festival 2022 di Ballroom Hotel Novotel Samator, Surabaya. (Foto: Ist)

Gubernur Khofifah saat meninjau produk yang dipamerkan dalam East Java Halal Agro Industry Festival 2022 di Ballroom Hotel Novotel Samator, Surabaya. (Foto: Ist)

iBenews.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri dan membuka East Java Halal Agro Industry Fest 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel Samator, Surabaya, Selasa (20/9/2022). 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur (Disperindag Jatim) ini merupakan kolaborasi pemangku kepentingan terkait industri halal dari berbagai sektor, halal food and beverage, fashion and beauty, dan produk syariah. 

Gubernur Khofifah berharap industri halal mampu menjadi salah satu kekuatan bagi Indonesia dan Jawa Timur khususnya untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. 

“Saya berharap forum ini bisa meningkatkan kolaborasi dan sinergisitas, menguatkan semangat dan komitmen, serta menciptakan pemikiran-pemikiran strategis untuk memberi ruang bagi produk-produk halal agar bisa membangun akses pasar di dalam maupun di luar negeri,” terangnya. 

Kepala Disperindag Jatim, Drajat Irawan menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, meningkatkan kualitas daya saing usaha dan nilai produk halal, serta meningkatkan produktivitas produk halal. 

“Atase perdagangan Australia dan Jepang juga menyampaikan tentang kebutuhan produk halal dari Jawa Timur. Jadi, daya saing kita perlu dibangun,” kata Drajat.

Kadis Drajat pun menjelaskan bahwa sebagai rangkaian kegiatan, dilaksanakan pameran produk halal yang diikuti oleh sebanyak 20 booth. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Jatim juga menyerahkan sertifikat dan penghargaan, yaitu: Sertifikat Halal untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kabupaten/Kota yang mendukung pengembangan halal (Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik), industri yang berkontribusi pada ekspor produk halal, serta kawasan industri halal atas dukungan pada IKM. Selain itu, juga dilaksanakan pelepasan ekspor produk halal ke Yordania dan Arab Saudi.

Sebagai rangkaian acara, juga dilaksanakan talkshow bertajuk “Sinergitas dan Komitmen dalam rangka Penguatan Industri Halal di Jawa Timur” dan sharing session dengan Atase Perdagangan RI. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

HEADLINE

Kabulkan Praperadilan, Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

HEADLINE

Komnas HAM Sebut Satgas TPPO di NTT Jarang Rapat, Kepala BP2MI Juga Bingung

HEADLINE

Kemenlu Ajak 23 Dubes Asing ke Labuan Bajo Genjot Investasi Sektor Parekraf

HEADLINE

Kejari Manggarai Barat Dalami Potensi Tersangka Baru Korupsi Sarpras Pramuka Mbuhung

HEADLINE

Bea Cukai dan Karantina Bantu UMKM Labuan Bajo Lakukan Ekspor ke Malaysia

HEADLINE

Kapal Wisata Budi Utama Tenggelam di Labuan Bajo 2 Turis Spanyol Terluka

HEADLINE

Kemenparekraf Perkuat Tata Kelola Komunikasi Krisis Pariwisata di DPSP Labuan Bajo