Home / LABUAN BAJO / PARIWISATA

Rabu, 8 Mei 2024 - 09:16 WIB

BPOLBF Kembangkan Kawasan Pariwisata Terpadu Parapuar Di Labuan Bajo

KAWASAN PARAPUAR Labuan Bajo Dok foto.Berto

KAWASAN PARAPUAR Labuan Bajo Dok foto.Berto

LABUAN BAJO – Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) sedang mengembangkan kawasan pariwisata terpadu Parapuar di Labuan Bajo.

Plt Direktur BPOLBF, Frans Teguh menjelaskan, BPOLBF memperkenalkan basis nilai budaya yang merupakan tonggak dalam pengembangan pariwisata di kawasan Parapuar.

Hal ini dilihat dari nama Parapuar yang diambil dari dua suku kata dalam bahasa setempat (bahasa Manggarai), yakni Para yang berarti pintu atau gerbang dan Puar yang berarti hutan.

“Destinasi Parapuar diharapkan dapat menjadi model dan ruang showcase dari kekayaan kearifan lokal masyarakat Manggarai Raya dan NTT pada umumnya. Konteks budaya akan menjadi jiwa dari Kawasan Parapuar yang termanifestasi dalam desain dan rencana pengembangan kawasan,” ujar Frans, kemarin.

Dikatakan Frans, Parapuar diharapkan menjadi etalase dari berbagai karakter budaya, serta keunikan yang dimiliki.

“Melalui show case yang kita tampilkan ini diharapkan dapat mendorong wisatawan ke tempat-tempat yang termanifestasikan di Parapuar,” kata Frans.

Gabriel Mahal, salah satu pemerhati budaya Manggarai menyampaikan beberapa poin penting tentang konten budaya yang harus ditampilkan di Parpauar, seperti pola perkampungan, susunan rumah menurut statusnya dalam pola perkampungan, dan orientasi pola perkampungan masyarakat Manggarai yang sarat akan makna dan kearifan lokal.

“Parapuar ingin membangun kesadaran akan lingkungan dan budaya. Ketika membangun Parapuar itu seperti membangun kampung baru. Ketika membangun kampung baru maka harus mengikuti pola kampung lama orang Manggarai dan Parapuar menyatukan itu semua dan merepresentasikan Gendang One Lingko Pe’ang,” jelasnya.

“Itu adalah jiwa dari Parapuar. Kawasan ini dapat memunculkan kembali pola perkampungan masyarakat Manggarai,” tambahnya.

Gabriel menjelaskan, filosofi ‘Gendang One Lingko Pe’ang’ merupakan ruang hidup orang Manggarai yang mencerminkan kedalaman nilai-nilai warisan leluhur.

Ruang ini secara umum mencakup lima bagian, yaitu Kampung (Beo Bate Elor/ Natas Bate Labar) Rumah Adat (Mbaru Bate Kaeng, Mbaru Gendang) Altar Persembahan (Compang Bate Takung) Kebun (Uma Bate Duat/ Lingko), dan Sumber Air (Wae Bate Teku).

“Selain konten-konten budaya, yang juga harus diperhatikan adalah ritual-ritual adat yang perlu dilakukan saat pembangunan atau pengembangan itu dilakukan di Parapuar,” pungkasnya. (*Tim/BR)

 

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Kepala BTNK Tegaskan Penutupan Taman Nasional Komodo Bukan untuk Jangka Waktu Lama

HEADLINE

Kemenparekraf Latih 10 Desa Wisata di Manggarai Barat Perkuat Produk Ekraf

HEADLINE

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng Soal Penutupan Taman Nasional Komodo: Masih Wacana

HEADLINE

Wisatawan ke Labuan Bajo Bisa Anjlok Imbas Penutupan Taman Nasional Komodo

HEADLINE

BTNK Tutup Taman Nasional Komodo Tahun 2025, BPOLF: Konservasi

HEADLINE

Kurangi Dampak Negatif Aktivitas Wisata Bagi Komodo, Taman Nasional Komodo Rencana Ditutup Reguler

HEADLINE

KSOP Labuan Bajo Segera Terapkan E-Ticketing untuk Kapal Wisata, Uji Coba Sementara

HEADLINE

Edi-Weng Terima SK dari PKB Mabar, Pilkada Manggarai Barat 2024