Home / HEADLINE / LABUAN BAJO

Kamis, 22 Agustus 2024 - 09:55 WIB

Binus University dan Poltek eLBajo Commodus Kolaborasi Berdayakan UMKM Labuan Bajo

Beritalabuanbajo.com, Labuan Bajo,- Binus University berkolaborasi dengan Politeknik eLBajo Commodus menyelenggarakan kegiatan International Community Development Program (ICDP) 2024, mulai 13-22 Agustus 2024.

Tujuannya untuk pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Labuan Bajo, NTT, melalui ide implementatif mahasiswa yang berbasis pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (TPB).

Kegiatan ICDP 2024 memberi pengalaman unik bagi mahasiswa domestik serta internasional dalam memperkaya studinya dengan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi lalu berkolaborasi dalam upaya merumuskan solusi yang dapat meningkatkan kesejahtraan dan dampak sektor UMKM di masyarakat.

Mahasiswa internasional yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka seperti University New South Wales di Australia dan Universiti Teknologi Malaysia diharapkan membentuk kolaborasi lintas negara yang meningkatkan pemahaman antara budaya dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya.

Kota Labuan Bajo dipilih karena peluang pembelajaran yang dapat memperkenalkan peserta terhadap pentingnya pemahaman budaya lokal agar dapat diintegrasikan dengan teori, permasalahan di masyarakat, dan konsep TPB untuk menghasilkan solusi melalui peran teknologi.

“Tahun ini, ICDP yang diselenggarakan di Labuan Bajo merupakan harapan agar mahasiswa berkesempatan untuk mengeksplorasi inovasinya dalam mengembangkan sektor UMKM dengan mengintegrasikan tema TPB,” ujar Debby Sonita Lubis, Project Lead serta Internationalization Office Associate Manager di BINUS University, Rabu 21 Agustus 2024.

Inovasi tersebut, lanjut Debby, diharapkan dapat diadopsi oleh UMKM sehingga tidak hanya meningkatkan kualitas usahanya juga memberi dampak berarti bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Sementara itu Direktur Politeknik eLBajo Commodus Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa menyampaikan apresiasi kepada BINUS University atas terselenggaranya kegiatan ICDP 2024 di Labuan Bajo.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan implementasi nyata dari kerja sama strategis antara BINUS University dan Politeknik eLBajo Commodus untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui kerjasama ini, dapat terjalin hubungan yang lebih erat antara kedua institusi, serta mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Terima kasih kepada Binus University dan semoga kerjasama yang telah terjalin dapat terus berlanjut dan semakin memberikan dampak positif bagi semua pihak,” ungkapnya.

Kepala Desa Batu Cermin, Marianus Yono Jehanu mengatakan kolaborasi BINUS University dengan Politeknik eLBajo Commodus mendorong kemajuan UMKM khususnya di Desa Batu Cermin yang merupakan salah satu spot wisata di Labuan Bajo

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Kepala BTNK Ungkap Sejumlah Masalah di Taman Nasional Komodo

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi

HEADLINE

Puji Desain Produk Lokal Menparekraf Sandiaga Borong Dagangan UMKM di AKI Labuan Bajo

HEADLINE

Rencana Penutupan TN Komodo, Wakil Bupati Manggarai Barat: Duduk Bersama Tidak Ujug-ujug Ditutup