Home / Berita / News

Kamis, 6 April 2023 - 14:34 WIB

Balai Yasa Surabaya Gubeng Siap Sukseskan Angkutan Lebaran 2023

Perawatan dan pengecekan KA di Balai Yasa Surabaya Gubeng

Perawatan dan pengecekan KA di Balai Yasa Surabaya Gubeng

iBenews.id – Menjelang angkutan lebaran tahun 2023, Balai Yasa Surabaya Gubeng mendukung penuh kehandalan sarana kereta selama masa angkutan lebaran 2023, khususnya di 4 wilayah Daerah operasi (Daop), yaitu Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, dan Daop 9 Jember.

Vice President Balai Yasa Surabaya Gubeng, Muh. Tri Setyawan, menjelaskan di tahun 2023 ini Balai Yasa Surabaya Gubeng sejak Januari telah sampai dengan sekarang telah melakukan perawatan sebanyak 233 kereta. Kereta yang telah melakukan perawatan di Balai Yasa selanjutanya akan disusun menjadi rangkaian KA di Daop 6, Daop 7, daop 8 dan Daop 9.

Untuk mendukung penuh program angkutan lebaran 2023, Balai Yasa menugaskan pegawainya untuk melaksanakan posko di Daop 6, 7, 8, dan Daop 9. Petugas posko Balai Yasa tersebut akan membantu melakukan pengecekan kehandalan sarana di Stasiun keberangkatan diberbagai Daop tersebut. Selain dukungan SDM, Balai Yasa Surabaya Gubeng juga menyediakan part/suku cadang berupa Bogie, pengereman, alat perangkai dan kelompok kelistrikan dan AC yang setiap saat bisa digunakan apabila diperlukan.

Dalam proses bisnis kesehariannya, Balai Yasa Surabaya Gubeng melakukan Proses Perbaikan yang terdiri dari proses Disassembly, perawatan komponen, dan proses assembly. Sebelum sarana tersebut dioperasikan, Balai Yasa Surabaya Gubeng akan melakukan proses final test yang terdiri dari pemantauan sistem pengkondisian udara, pengecekan sistem pengereman, dan uji kebocoran kereta.

“Balai Yasa Surabaya Gubeng akan mensupport penuh program angkutan lebaran 2023 dengan mengedepankan aspek Selamat, Nyaman, dan Handal,” pungkasnya.

*Okupansi Pelanggan di Daop 8 Surabaya pada Masa Angkutan Lebaran 2023*

Selama masa angkutan lebaran 2023, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan sebanyak 49 perjalanan KA jarakjauh, terdiri dari 40 KA jarakjauh reguler dan 9 KA jarakjauh tambahan. Kapasitas tempat duduk yang disediakan selama masa angkutan lebaran 2023 sebanyak 591.521 tempat duduk, terdiri dari 103.884 tempat duduk KA tambahan dan 487.687 tempat duduk KA reguler.

Pemesanan tiket di Daop 8 Surabaya, tercatat sebanyak 380.950 tempat duduk atau 64% telah dipesan oleh pelanggan. Jumlah tersebut akan bertambah, karena pemesanan tiket masih terus berlangsung via online.

“KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih tersedia,” terangnya.

Kota tujuan favorit para pelanggan sejauh ini yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember dan Banyuwangi. Untuk KA jarakjauh yang telah ramai dipesan, diantaranya :
1. KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP;
2. KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong PP;
3. KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP;
4. KA Gumarang relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP;
5. KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen PP.

Berdasarakan tanggal keberangkatan KA pada masa arus mudik, tertinggi dipesan pelanggan pada 20 April 2023 sebesar 93 persen, 19 April 2023 sebesar 81 persen, dan pada 21 April 2023 sebesar 71 persen.

Sementara itu tanggal pemesanan tiket KA setelah hari Lebaran 2023 atau arus balik yang menjadi favorit, pada 25 April 2023 sebesar 94 persen. Lalu pada 26 April 2023 sebesar 91 persen dan 24 April 2023 sebesar 84 persen. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global