Home / Ekonomi / LABUAN BAJO / News

Minggu, 23 Juli 2023 - 10:04 WIB

Ayo Warga Labuan Bajo Bersiap! BPOLBF Gelar LBMF Session 2

foto.Suasana LBMF Session I pada Oktober 2022 lalu. (Divisi Komunikasi Publik BPOLBF).

foto.Suasana LBMF Session I pada Oktober 2022 lalu. (Divisi Komunikasi Publik BPOLBF).

BERITALABUANBAJO.COM | LABUAN BAJO – Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali menggelar Labuan Bajo Maritime Festival (LBMF) pada 27–29 Juli mendatang di Kawasan Pantai Pede Labuan Bajo.

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina mengatakan, LBMF di tahun kedua ini merupakan pilot project yang dibuat untuk pengembangan ekosistem event di Labuan Bajo.

Penyelenggaraan di tahun 2023 ini merupakan hasil dari berbagai masukan dan evaluasi dari penyelenggaraan di tahun sebelumnya sehingga diharapkan dapat lebih maksimal.

LBMF Sesion 2 Menawarkan ambience berbeda dari tahun sebelumnya, LBMF sendiri merupakan pemenang ide event terbaik dalam kompetisi ide yang diselenggarakan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) melalui Program Ideathon #itstimeforLabuanBajo di tahun 2022 lalu.

“LBMF ini merupakan pilot project yang kami buat untuk pengembangan event yang berkelanjutan di Labuan Bajo. Kami berharap, dengan mengemas sendiri event di daerah yang mengedepankan nilai orisinilitas dari ide lokal setempat dapat sekaligus menjadi momentum untuk kita bersama-sama membangun ekosistem event ‘asli’ Labuan Bajo. Jika tahun lalu masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraannya, maka tahun 2023 ini kita maksimalkan,” jelas Shana Fatina.

Ide event ini telah diimplementasikan tepatnya pada 21-22 Oktober 2022 lalu. Selama tiga hari penyelenggaraan saat itu, tercatat ada 7.755 kunjungan dan terjadi peningkatan pendapatan sebesar 200% bagi pelaku usaha kecil di sekitar Waterfront. Selain itu, perputaran uang melalui Bazaar UMKM Kemaritiman (24 UMKM) adalah minimal 108.570.000. Event ini juga melibatkan komunitas lokal dengan total individu yang terlibat adalah sebanyak kurang lebih 150 orang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, LBMF tahun ini akan menawarkan ambience yang berbeda namun dengan tema besar yang sama, yaitu Kemaritiman.

Tahun ini, rangkaian kegiatan LBMF akan diisi dengan rangkaian acara seperti Labuan Bajo Maritime Chronicle, Gemah Rempah, Spice Routes, Toto Kopi, Seafood Pop Up Cafe, Tuna Battle, Treasure Hunts, Bartender Competition, dan masih banyak keseruan lainnya. Info selengkapnya dapat dilihat pada media Instragram @bpolbf atau Facebook BPO Labuan Bajo Flores.

“Sebagai informasi, event yang berawal dari kompetisi ide ini juga berhasil menjadi salah satu event di wilayah Floratama (Flores, Lembata, Alor, dan Bima) yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023,” terang Shana Fatina. (*GC/red)

 

 

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Erick Tohir Ajak Pengusaha Uni Emirat Arab ke Golo Mori Labuan Bajo

HEADLINE

Desa Wae Lolos Masuk Kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia, Seribu Air Terjun

HEADLINE

Indonesia Mendapat Apresiasi, World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup

HEADLINE

Strategi Pemasaran Efektif dengan Aplikasi Chatbot WhatsApp

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN