Home / Ekonomi / LABUAN BAJO / News

Minggu, 23 Juli 2023 - 10:04 WIB

Ayo Warga Labuan Bajo Bersiap! BPOLBF Gelar LBMF Session 2

foto.Suasana LBMF Session I pada Oktober 2022 lalu. (Divisi Komunikasi Publik BPOLBF).

foto.Suasana LBMF Session I pada Oktober 2022 lalu. (Divisi Komunikasi Publik BPOLBF).

BERITALABUANBAJO.COM | LABUAN BAJO – Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali menggelar Labuan Bajo Maritime Festival (LBMF) pada 27–29 Juli mendatang di Kawasan Pantai Pede Labuan Bajo.

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina mengatakan, LBMF di tahun kedua ini merupakan pilot project yang dibuat untuk pengembangan ekosistem event di Labuan Bajo.

Penyelenggaraan di tahun 2023 ini merupakan hasil dari berbagai masukan dan evaluasi dari penyelenggaraan di tahun sebelumnya sehingga diharapkan dapat lebih maksimal.

LBMF Sesion 2 Menawarkan ambience berbeda dari tahun sebelumnya, LBMF sendiri merupakan pemenang ide event terbaik dalam kompetisi ide yang diselenggarakan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) melalui Program Ideathon #itstimeforLabuanBajo di tahun 2022 lalu.

“LBMF ini merupakan pilot project yang kami buat untuk pengembangan event yang berkelanjutan di Labuan Bajo. Kami berharap, dengan mengemas sendiri event di daerah yang mengedepankan nilai orisinilitas dari ide lokal setempat dapat sekaligus menjadi momentum untuk kita bersama-sama membangun ekosistem event ‘asli’ Labuan Bajo. Jika tahun lalu masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraannya, maka tahun 2023 ini kita maksimalkan,” jelas Shana Fatina.

Ide event ini telah diimplementasikan tepatnya pada 21-22 Oktober 2022 lalu. Selama tiga hari penyelenggaraan saat itu, tercatat ada 7.755 kunjungan dan terjadi peningkatan pendapatan sebesar 200% bagi pelaku usaha kecil di sekitar Waterfront. Selain itu, perputaran uang melalui Bazaar UMKM Kemaritiman (24 UMKM) adalah minimal 108.570.000. Event ini juga melibatkan komunitas lokal dengan total individu yang terlibat adalah sebanyak kurang lebih 150 orang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, LBMF tahun ini akan menawarkan ambience yang berbeda namun dengan tema besar yang sama, yaitu Kemaritiman.

Tahun ini, rangkaian kegiatan LBMF akan diisi dengan rangkaian acara seperti Labuan Bajo Maritime Chronicle, Gemah Rempah, Spice Routes, Toto Kopi, Seafood Pop Up Cafe, Tuna Battle, Treasure Hunts, Bartender Competition, dan masih banyak keseruan lainnya. Info selengkapnya dapat dilihat pada media Instragram @bpolbf atau Facebook BPO Labuan Bajo Flores.

“Sebagai informasi, event yang berawal dari kompetisi ide ini juga berhasil menjadi salah satu event di wilayah Floratama (Flores, Lembata, Alor, dan Bima) yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023,” terang Shana Fatina. (*GC/red)

 

 

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Kepala BTNK Tegaskan Penutupan Taman Nasional Komodo Bukan untuk Jangka Waktu Lama

HEADLINE

Kemenparekraf Latih 10 Desa Wisata di Manggarai Barat Perkuat Produk Ekraf

HEADLINE

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng Soal Penutupan Taman Nasional Komodo: Masih Wacana

HEADLINE

Wisatawan ke Labuan Bajo Bisa Anjlok Imbas Penutupan Taman Nasional Komodo

HEADLINE

BTNK Tutup Taman Nasional Komodo Tahun 2025, BPOLF: Konservasi

HEADLINE

Kurangi Dampak Negatif Aktivitas Wisata Bagi Komodo, Taman Nasional Komodo Rencana Ditutup Reguler

HEADLINE

KSOP Labuan Bajo Segera Terapkan E-Ticketing untuk Kapal Wisata, Uji Coba Sementara

HEADLINE

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024