Home / News / Olah Raga

Sabtu, 10 Desember 2022 - 02:26 WIB

Brasil Kalah Adu Penalti, Kroasia ke Semifinal Piala Dunia 2022

Timnas Kroasia (Foto: Twitter@FIFAWorldCup)

Timnas Kroasia (Foto: Twitter@FIFAWorldCup)

iBenews.id – Tampil berbeda, Kroasia hentikan langkah Brasil di babak perempatfinal dan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menundukkan Brasil, 4-2, lewat adu penalti di Stadion Education City, Jumat (9/12/2022).

Pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti setelah kedua tim bermain imbang, 1-1, setelah melewati babak tambahan. Kedua tim bermain imbang tanpa gol setelah bermain 90 menit. Pada babak tambahan Brasil unggul lebih dulu melalui gol Neymar. Namun Kroasia menyamakan kedudukan melalui gol Bruno Petkovic.

Saat adu penalti, Kroasia menghasilkan skor melalui Nicola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, Mislav Orsic. Sementara Brasil hanya menghasilkan gol melalui Cesmiro dan Pedro. Penendang pertama mereka Rodrygo dan penendang keempat Marquinhos gagal.

Kedua tim sebenarnya tampil saing menyerang dan mendapat peluang namun selalu gagal membuahkan gol. Brasil memang membuat peluang mencetak gol lebih banyak namun tak juga menghasilkan gol. Brasil baru bisa mencetak gol melalui aksi Neymar pada menit ke-150.

Aksi kiper Dominik Livakovic menjadi faktor utama kegagalan Brasil menjebol gawang Kroasia sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan over time. Sepanjang pertandingan, kiper Dinamo Zagreb ini tercatat membuat 10 penyelamatan. Dia juga menjadi pahlawan saat adu penalti dengan mengagalkan tendangan Rodrygo.

Di semifinal, Krosia akan bertemu laga perempat final lainnya antara Belanda melawan Argentina yang digelar Sabtu (10/12/2022) dini hari mulai 02.00 WIB. Semifinal akan digelar pada Selasa (13/12/2022) atau Rabu dini hari mulai 02.00 WIB.

Pelatih Brasil Tite memasang skuad terbaiknya melawan runner-up Piala Dunia 2028 ini. Dia menurunkan Richarlison sebagai ujung tombak tunggal ditopang Neymar, Vinicius Junior, dan Raphinha.

Gelandang Lucas Paqueta dan Casemiro beroperasi di depan empat bek. Marquinhos dan Thiago Silva menggalang pertahanan didampingi Eder Militao di kanan serta Danilo di sisi kiri. Para pemain belakang ini mengawal kiper Alisson Becker.

Sementara di kubu Kroasia, pelatih Zlatko Dalic menurunkan formasi 4-3-3. Dia menurunkan trio lini depan yang terdiri dari Mario Pasalic, Andrej Kramaric, dan Ivan Perisic. Trio ini didukung tiga pemain di tengah yakni Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic.

Dejan Lovren dan 20 Josko Gvardiol berkolaborasi di jantung pertahanan dan didampingi Josip Juranovic di kanan serta Borna Sosa di sisi kiri. Mereka mengawal kiper Dominik Livakovic.

Baik Kroasia maupun Brasil sama-sama menunjukkan permainan tak mau menyerah demi meraih tiket ke babak semi final Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, dalam 2×45 menit pertandingan baik Kroasia maupun Brasil gagal membukukan gol hingga pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu.

Memasuki perpanjangan waktu, gol akhirnya tercipta. Momen itu terjadi pada menit ke-105+1’ melalui aksi Neymar yang berhasil mengelabuhi Dominic Livakovic.

Memasuki perpanjangan waktu, gol akhirnya tercipta. Momen itu terjadi pada menit ke-105+1’ melalui aksi Neymar yang berhasil mengelabuhi Dominic Livakovic.

Tertinggal, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan melalui aksi Bruno Petkovic di menit 116’. Sepakannya membentur pemain berhasil dan membuat Alisson Becker tak mampu menghalaunya hingga pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, Rodrygo dan Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Hingga membuat Kroasia menang babak adu penalti dengan skor, 4-2.

Hasil ini membuat langkah Brasil di Piala Dunia 2022 terhenti dan Kroasia berhak melaju ke semi final.

Susunan Pemain Kroasia vs Brasil

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Mario Pasalic, Ivan Perisic, Andrej Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic

Brasil (4-2-3-1)

Alisson Becker; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Danilo; Lucas Pacqueta, Casemiro; Raphinha, Neymar, Vinicius Junior; Richarlison.

Pelatih: Adenor Leonardo Bacchi (Tite). (iB-3)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemenparekraf Apresiasi Sejumlah Maskapai Internasional Buka Rute Baru ke Indonesia

HEADLINE

Menparekraf: Ideafest Jadi Momentum Kembangkan Inovasi Sektor Parekraf

Nasional

Kemenparekraf Dukung Fordeswita 2024 Perkuat Pengembangan Wisata Olahraga di Desa Wisata

HEADLINE

Kemenparekraf Apresiasi Penyelenggaraan ITLS Awards 2024 di Bali

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan